Tidak Ada Kasus DBD di Kecamatan Lemong

Tidak Ada Kasus DBD di Kecamatan Lemong

Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD)-freepik.com@jcomp-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Lemong, Kecamatan Lemong, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat selama tahun 2024 tidak ada kasus demam berdarah dengue (DBD) yang ditemukan di kecamatan setempat.

Kepala UPTD Puskesmas Lemong, Rahmat Mathori, S.Km., mengatakan sejak awal tahun 2024, pihaknya tidak menerima laporan terkait adanya serangan kasus DBD di kecamatan setempat.

“Alhamdulillah, hingga kini wilayah Kecamatan Lemong masih aman dari kasus DBD, tidak ada masyarakat yang menjalani perawatan di Puskesmas karena terjangkit penyakit yang ditularkan oleh nyamuk,” kata dia.

Dijelaskannya, pada Maret lalu ada perawatan satu pasien kasus DBD, pasien itu merupakan pasien rujukan dari Puskesmas Pugung Tampak dan harus menjalani rawat inap.

BACA JUGA:2 Pekan Terhenti, Penanganan Longsor KM 17 Dilanjutkan

“Puskesmas terdekat untuk menjalani rawat inap dari Kecamatan Pesisir Utara adalah Puskesmas Lemong, hal itu karena Puskesmas Pugung Tampak belum berstatus rawat inap,” jelasnya.

Ditambahkannya, kondisi itu harus dipertahankan oleh masyarakat, sehingga tidak ada lagi masyarakat di Kecamatan Lemong yang terjangkit DBD, karena dalam melakukan pencegahan serangan DBD diperlukan peran serta masyarakat.

“Dalam melakukan upaya pencegahan serangan DBD, tidak hanya bisa dilakukan Puskesmas saja, melainkan perlu adanya peran serta dari masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, dalam melakukan pencegahan serangan DBD itu, masyarakat bisa melakukan sejumlah kegiatan, seperti menerapkan 3M Plus, melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:Sidak Hari Pertama Sekolah, Tingkat Kehadiran Guru di Lampung Barat 100 Persen

“Kami terus menghimbau masyarakat agar bisa melakukan upaya pencegahan, sehingga tidak ada masyarakat yang terjangkit DBD,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: