Penampilan Kuda Lumping Turunggo Rukun Budoyo Gemparkan Warga Way Tenong

Penampilan Kuda Lumping Turunggo Rukun Budoyo Gemparkan Warga Way Tenong

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Melestarikan kebudayaan daerah merupakan hal yang harus kita lakukan, para penerus bangsa sebagai upaya menghormati warisan leluhur agar tidak punah karena tergerus oleh kemajuan zaman.

Kesenian paguyuban Kuda Lumping Turunggo Rukun Budoyo, karya sesepuh Pemangku Tegajul, Pekon Padang Tambak, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat yang diketuai Sutrisno dan Imam, dengan anggota para muda mudi (remaja) menggelar seni Kuda Lumping.

Menurut Sutrisno, pergelaran itu salah satu upaya untuk melestarikan kebudayaan daerah agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman.

Dimana sebagai penerus bangsa berkewajiban dalam melestarikannya. 

BACA JUGA:Nanang Ermanto Bagikan Sertifikat kepada Penerima Bantuan Bedah Rumah Program Gaserbu

"Tentunya kita harus terus menjaga dan melestarikan budaya sebagai salah satu warisan nenek moyang yang perlu dipertahankan di tengah masuknya budaya luar," ungkapnya.

Tradisi kuda lumping Turunggo Rukun Budoyo tampil di hadapan masyarakat Sukamaju Kelurahan Fajar Bulan, hingga membludaknya penonton, selama satu hari satu malam Rabu 17 April 2024. 

Dengan masih tingginya animo masyarakat dalam menyaksikan Kuda Lumping pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh sesepuh dan anggota kuda lumping Turunggo Rukun Budoyo yang selalu semangat untuk terus berjuang dan melestarikan seni budaya kuda lumping sehingga pertunjukan tersebut berjalan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

Sebab tanpa dukungan serta kekompakan, semuanya tidak dapat terlaksana dengan baik. "Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara tersebut," jelasnya. 

BACA JUGA:Kios Tambal Ban dan BBM Milik Warga Semarang Jaya Ludes Dilalap Si Jago Merah

Lanjut Sutrisno, jika ada warga, masyarakat khususnya Kecamatan Way Tenong dan sekitarnya yang ingin menganggap, menyewa kesenian paguyuban Kuda Lumping Turunggo Rukun Budoyo dapat menghubungi nomor WhatsApp di bawah ini 0857.0922.0020 atas nama pelatih lek Ndut atau nomor 0857.9044.2396 dan Kodri Hartono.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: