Dinas BMBK Lampung Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Alternatif Bagi Pemudik Jelang Perayaan ldul Fitri 1445 H

Dinas BMBK Lampung Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Alternatif Bagi Pemudik Jelang Perayaan ldul Fitri 1445 H

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK), melakukan peninjauan sejumlah ruas jalan dalam tahap pelaksanaan pengerjaan proyek jalan, Jumat 5 April 2024.

Kegiatan peninjauan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Lampung mempersiapkan infrastruktur jalan menghadapi arus mudik menjelang Hari Raya ldul Fitri 1445 H, hususnya di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Kota Metro.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung, M. Taufiqullah, menjelaskan bahwa peninjauan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi ruas-ruas jalan yang sedang dalam proses perbaikan. 

Hal ini dilakukan untuk menentukan prioritas perbaikan ruas jalan alternatif bagi para pemudik menjelang perayaan ldul Fitri 1445 H, terutama jalur Korpri - Sukadamai dan Sukadamai - Kibang.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Beri Selamat Atas Kemenangan Perwakilan Lampung di Ajang Puteri Remaja Indonesia 2023

M. Taufiqullah menekankan bahwa prioritas perbaikan diarahkan pada ruas jalan yang memegang peran penting dalam perekonomian masyarakat guna memudahkan mobilitas para pemudik pada jalur alternatif.

"Kami fokus dalam rangka persiapan jalur alternatif arus mudik lebaran, jalan yang sangat vital bagi perekonomian masyarakat. Ruas jalan yang dapat menghambat akan mendapat perhatian khusus dalam pembangunan, khususnya sebagai jalur alternatif menuju Kota Metro dan kabupaten terdekat,"jelasnya.

Selain itu, M. Taufiqullah juga menyoroti pentingnya sistem drainase dalam mencegah kerusakan badan jalan. 

Oleh karena itu, peningkatan sistem jaringan drainase juga menjadi salah satu prioritas dalam upaya perbaikan infrastruktur jalan.

BACA JUGA:RSUDAM Lampung Siap Hadapi Mudik Lebaran, 400 Nakes Disiapkan hingga Pendirian Posko Lebaran

Beberapa ruas jalan yang ditinjau antara lain : Korpri-Sukadamai, Sukadamai-Kibang, dan Soekarno Hatta -Metro.

Kepala UPTD Wilayah Il Dinas BMBK Provinsi Lampung, Yovi Humara, juga menegaskan bahwa genangan air di badan jalan, terutama saat curah hujan tinggi, menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kerusakan jalan. Oleh karena itu, perbaikan drainase menjadi bagian integral dalam upaya pemeliharaan infrastruktur jalan.

Yovi menambahkan bahwa ruas jalan Korpri-Sukadamai di Lampung Selatan menjadi prioritas perbaikan karena tingginya volume lalu lintas. 

"Harapannya, perbaikan ruas jalan tersebut dapat diselesaikan sebelum ldul Fitri," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: