Rapim DPRD Pringsewu Berlangsung Alot, 2 Fraksi Usulkan Nama Calon Pj Bupati

Rapim DPRD Pringsewu Berlangsung Alot, 2 Fraksi Usulkan Nama Calon Pj Bupati

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rapat pimpinan DPRD Kabupaten Pringsewu pada Selasa, 30 Januari 2024 dalam menyusun daftar calon penjabat (Pj) Bupati Pringsewu berlangsung alot. 

Wakil Ketua DPRD, Maulana M. Lahudin, memimpin rapat tersebut yang dihadiri oleh delapan pimpinan fraksi, antara lain Fraksi PKB, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Demokrat, Fraksi Gabungan (PPP dan PKS), Fraksi PDIP, dan Nasdem.

Maulana menjelaskan bahwa hanya dua fraksi yang telah mengusulkan nama-nama calon Pj, yaitu Fraksi Golkar dan Fraksi Gerindra, masing-masing hanya satu nama. 

"Baru 2 fraksi yang masing-masing mengusulkan satu nama," ujar Maulana.

Namun, Maulana tidak merinci nama-nama yang diusulkan tersebut. 

Rapat pimpinan akan dilanjutkan pada tanggal 31 Januari 2024 karena enam fraksi lainnya belum mengajukan usulan nama calon Pj.

Maulana menegaskan bahwa dalam mengusulkan nama-nama calon Pj, haknya dimiliki oleh fraksi-fraksi, Gubernur, dan Kemendagri. 

"Semua lembaga ini berhak mengusulkan tiga nama, tapi hak prerogatif ada di Kemendagri," kata Maulana

Ia juga mengungkapkan bahwa jika setiap fraksi mengusulkan maksimal tiga nama dan jumlah calon melebihi tiga, maka akan dilakukan peringkat.

Meskipun demikian, Maulana menegaskan bahwa DPRD harus menggelar sidang paripurna untuk usulan Pj Bupati satu bulan sebelum masa jabatan Pj Bupati Pringsewu berakhir pada tanggal 1 Maret 2024.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: