Ustadz Adi Hidayat Sarankan Lakukan Amalan Ini di Bulan Rajab

Ustadz Adi Hidayat Sarankan Lakukan Amalan Ini di Bulan Rajab

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kembali memasuki tanggal 1 Rajab 1445 H atau Sabtu, 13 Januari 2024.

Bulan Rajab ini salah satu dari empat bulan haram. Di bulan tersebut, umat muslim dianjurkan melakukan berbagai macam amalan saleh. Karena bulan Rajab disebut memiliki banyak manfaat dan keutamaan.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, Rajab dapat diartikan sebagai sesuatu yang diagungkan. 

Dahulu orang-orang jahiliyah pun di masa itu, khususnya suku Mudhar turut menjaga keagungan bulan Rajab.

BACA JUGA:Komentar Ustadz Adi Hidayat Terkait Debat Capres dan Cawapres

"Pada masa itu, orang-orang jahiliyah pun, khususnya suku Mudhar menjaga keagungan di bulan Rajab ini menjadikan penghormatan terhadap bulan yang begitu istimewa," kata UAH.

Keutamaan pada bulan Rajab ini yang masuk dalam bulan haram ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Quran dan Rasulullah SAW melalui hadist.

"Maka, bila telah masuk di bulan-bulan mulia,' Allah menegaskan pesan kuat kepada kita, 'jangan sampai kita berbuat zalim di bulan-bulan tersebut'," lanjutnya.

Diterangkan oleh sahabat Rasulullah SAW, Ibnu Abbas R.A.

BACA JUGA:Lakukan Amalan Ini Diyakini Dapat Menggugurkan Dosa

Ibnu Abbas seolah memberi kesan untuk umat muslim bahwa bulan Rajab ini bulan untuk berlatih menunaikan amalan-amalan mulia dan menjauhi perbuatan - perbuatan dosa.

"Dengan penegasan memberi kesan orang yang meningkatkan ibadahnya, mengukir perbuatan mulia, maka akan dilipatgandakan pahalanya. Seperti orang yang sengaja berbuat maksiat, maka akan berlipat juga dosanya," jelasnya.

Terkait amalan yang bisa dilakukan, UAH mengungkapkan hal tersebut memberikan petunjuk umum terkait amalan yang dapat dilakukan oleh umat muslim.

"Maka, para ulama memperkenankan untuk kita memperbanyak amal soleh, baik berupa ibadah ritual, tingkatkan sholatnya. Bisa berlatih meningkatkan ibadah," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: