Dua Rafflesia Arnoldi Mekar Berdampingan di Rhino Camp

Dua Rafflesia Arnoldi Mekar Berdampingan di Rhino Camp

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Puspa Langka Indonesia seperti Rafflesia Arnoldi dan Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum saat ini bisa dijumpai di Rhino Camp, Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di Kecamatan Bangkunat, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Kepala Resort Sukaraja Atas Vivin mengatakan, dalam beberapa hari terakhir dua Rafflesia Arnoldi mekar bersamaan, hal ini menjadi daya tarik karena sangat jarang bunga terbesar di dunia tersebut mekar bersamaan dalam satu tempat yang sama.

“Sekarang ada dua bunga Rafflesia Arnoldi yang mekar bersamaan, momen ini sangat jarang terjadi, karena biasanya hanya ada satu bunga yang mekar,” kata dia.

Dijelaskannya, masyarakat bisa datang langsung untuk melihat dua bunga Rafflesia arnoldi yang mekar berdampingan tersebut, apalagi aksesnya tidak terlalu jauh dari jalan raya.

BACA JUGA:Debat Capres 2024 , Anies Sindir Soal Hacker Bobol Kemenhan di Tahun 2023

“Bunga Rafflesia Arnoldi itu hanya mekar beberapa hari saja, setelah itu akan busuk. Jadi bagi masyarakat yang ingin melihat harus memilih waktu yang tepat, kami selalu menyampaikan informasi terkait Rhino Camp melalui media sosial salah satunya Instagram,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini wilayah Rhino Camp tersebut bisa menjadi tujuan masyarakat untuk berwisata, seperti melihat bunga Rafflesia arnoldi dan bunga bangkai jika sedang mekar dan bisa juga untuk hiking atau trekking.

“Kita menyambut baik masyarakat ataupun wisatawan yang akan datang ke Rhino Camp ini, karena saat ini sudah terbuka untuk masyarakat luas, apalagi jika ada bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldi yang mekar,” terangnya.

Ditambahkannya, antara bunga Rafflesia Arnoldi dan bunga Bangkai Amorphophalus titanum merupakan dua bunga yang berbeda. 

BACA JUGA:Debat Capres Pemilu 2024, Prabowo Bertekad Perkuat Pertahanan Indonesia

Bunga Rafflesia adalah  bunga  raksasa yang tidak menjulang tinggi, melainkan melebar ke samping, memiliki lubang besar di tengah dan kelopaknya yang indah berwarna merah bata. 

Sedangkan, bunga bangkai adalah bunga raksasa yang memiliki tonggol atau bagian menjulang tinggi ke atas.

“Saat ini masih banyak masyarakat yang mengira bahwa bunga Rafflesia Arnoldi merupakan bunga bangkai, sedangkan dua bunga tersebut sangat berbeda jauh,” ujarnya.

Ditambahkannya, masyarakat yang kebetulan melintas di ruas TNBBS perbatasan Tanggamus-Pesbar, dan ada Bunga Rafflesia atau bunga bangkai yang sedang mekar bisa langsung singgah di Rhino Camp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: