Selama Libur Nataru, Total Pendapatan di Labuhan Jukung Capai Rp17,8 Juta Lebih

Selama Libur Nataru, Total Pendapatan di Labuhan Jukung Capai Rp17,8 Juta Lebih

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selama libur Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, total pendapatan yang masuk ke Kas Daerah (Kasda) berdasarkan jumlah tiket masuk kunjungan wisatawan di Pantai Labuhan Jukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) itu mencapai Rp17.869.000.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., melalui Sekretaris, Mardiansyah, S.Km., mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan berdasarkan tiket masuk di kawasan wisata pantai Labuhan Jukung itu selama libur Nataru mencapai 7.659 orang pengunjung. 

Sedangkan jumlah pengunjung yang masuk ke pantai Labuhan Jukung khususnya saat libur tahun baru yakni pada 1 Januari 2024 mencapai 3.050 orang, dari total jumlah pengunjung itu Pemkab setempat mendapat pendapatan sebesar Rp17.869.000. 

Pendapat itu bersumber dari retribusi tiket masuk khususnya di pantai Labuhan Jukung.

BACA JUGA:DWP Kemenag Lambar Turut Ambil Peran Meriahkan HAB ke-78

“Retribusi itu meliputi tiket pengunjung, dan kendaraan. Untuk pengunjung dengan tiket masuk sebesar Rp3.000/orang, kemudian kendaraan roda dua sebesar Rp3.000/motor,” katanya, Rabu, 3 Januari 2024.

Kemudian, kendaraan roda empat sebesar Rp5.000/mobil, dan kendaraan bus besar Rp7.000/bus. 

Untuk retribusi masuk kawasan wisata pantai Labuhan Jukung tersebut tentunya mengacu pada peraturan daerah (Perda) yang berlaku. 

Mudah-mudahan kedepan pendapatan daerah yang bersumber dari retribusi pantai Labuhan Jukung ini bisa terus meningkat.

BACA JUGA:Rekrutmen Tenaga Konsultan PLUT KUMKM di Lampung Barat Mulai Ada Pendaftar

“Memang untuk peningkatan tersebut berdasarkan jumlah kunjungan yang masuk khususnya di kawasan pantai Labuhan Jukung tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, kata dia, untuk wisata pantai lainnya itu memang tidak masuk kas daerah karena pengelolaannya juga bukan oleh Pemkab setempat, dan memang rata-rata masih merupakan lahan milik masyarakat. 

Namun, berdasarkan jumlah kunjungan wisatawan selama libur Nataru seperti di pantai Mandiri Sejati Kecamatan Krui Selatan berdasarkan data dari Pos Pantau Nataru itu mencapai 6.000 pengunjung.

“Selain itu, untuk di pantai Walur Kecamatan Pesisir Selatan sekitar 1.100 pengunjung, dan Pulau Pisang ada 218 pengunjung. Semua data kunjungan itu terhitung sejak 18 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: