Tahun Depan, Pemkab Pesisir Barat Akan Terapkan Aplikasi E-Presensi

Tahun Depan, Pemkab Pesisir Barat Akan Terapkan Aplikasi E-Presensi

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM), hingga kini terus melakukan persiapan untuk menerapkan absensi digital atau aplikasi E-Presensi di lingkungan Pemkab setempat. 

Dalam menerapkan Aplikasi E-Presensi itu, Pemkab Pesbar bekerjasama dengan tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai penyedia aplikasi.

Kepala BKPSDM Pesbar, Sri Agustini, S. Km., mengatakan E-Presensi diterapkan sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan dan meningkatkan kualitas kerja pegawai di lingkungan Pemkab Pesbar.

“Kami berupaya untuk meningkatkan kedisiplinan dan kualitas kinerja pegawai. Tentunya dengan harapan dapat mendukung pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pesbar,” kata dia.

BACA JUGA:Hingga Desember, Ikan Hasil Tangkapan Nelayan di Pesisir Barat Capai 15.376 Ton

Dijelaskannya, dengan menggunakan metode absensi berbasis online, maka setiap pegawai tidak lagi bisa memanipulasi kehadirannya. Termasuk juga berkaitan dengan ketepatan waktu melaksanakan absensi.

“Jika terdapat keterlambatan dalam melakukan absensi, maka akan terekam dengan jelas dalam TPP berbasis kinerja, karena nantinya akan saling terhubung,” jelasnya.

Dikatakannya, Bupati Agus Istiqlal, juga menyambut baik rencana penggunaan aplikasi E-Presensi di lingkungan Pemkab Pesbar, dan diharapkan dapat terapkan dimulai tahun 2024 mendatang.

“Jika aplikasi E-Presensi berjalan maka pegawai-pegawai yang terlambat dapat dengan mudah dideteksi, sehingga dengan sendirinya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) mereka akan berkurang. Inilah pentingnya aplikasi ini,” ujarnya.

BACA JUGA:TPG Tahun 2023 di Lingkungan Kemenag Pesisir Barat Selesai Disalurkan

Pihaknya berharap, dengan penerapan aplikasi tersebut kedepannya tingkat kehadiran pegawai bisa meningkat dan kedisiplinan dalam bekerja juga bisa maksimal. 

“Semoga dengan terobosan ini kinerja pegawai bisa lebih baik lagi dan dapat memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: