Gandeng PWI, BPS Lambar Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Sharing Knowledge Data Statistik 2023

Gandeng PWI, BPS Lambar Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Sharing Knowledge Data Statistik 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Barat menggelar Pelatihan Jurnalistik dan Sharing Knowledge Data Statistik tahun 2023, bertempat di Hotel Sunset Beach 2, Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Selasa (12 Desember 2023).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPS Lampung Barat Nasrullah Arsyad, menghadirkan narasumber dari BPS dan PWI Lampung Barat, dengan peserta para pegawai BPS Lampung Barat dan anggota PWI Lampung Barat dan Pesisir Barat.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, Kepala BPS Lampung Barat Nasrullah Arsyad mengungkapkan, acara itu digelar salah satu tujuannya yakni memperkuat sinergitas antara BPS dan insan pers dalam menyajikan data statistik kepada masyarakat.

Menurut Nasrullah, perlu terbangun kerjasama yang baik antara BPS dan Insan Pers. BPS dalam hal ini menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat yang didapatkan dari sensus atau survei yang dilakukan, selanjutnya insan pers menyampaikan kepada masyarakat dalam bentuk pemberitaan.

BACA JUGA:Dishub Lampung Barat Berencana Lakukan Rekayasa Lalulintas Satu Arah di Pasar Liwa

"Antara BPS dan Insan Pers ada garis singgung (keterkaitan), BPS berpedoman pada Undang‑undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sementara wartawan dalam melaksanakan tugasnya berpedoman Undang-Undang nomor 40 tahun 1999, karena itu hari ini kita gelar acara ini, sehingga kedepan kerjasama kita dalam menyajikan data ke masyarakat lebih baik lagi," ujarnya.

Ia juga berharap kegiatan tersebut bisa meningkatkan pemahaman wartawan akan data-data ekonomi, sehingga tidak ada penyampaian data yang salah kepada masyarakat. 

Selain itu BPS bisa menyampaikan data yang dibutuhkan dalam kebutuhan jurnalistik.

"Dengan kegiatan ini BPS dan rekan-rekan wartawan bisa saling mengisi," pungkasnya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Menyesal Nantinya, Ini Tips Sebelum Memilih Kredit Rumah

Untuk diketahui, penyampaian materi Sharing Knowledge Data Statistik 2023 disampaikan oleh pemateri dari pihak BPS, dilanjutkan dengan pelatihan jurnalistik yang terbagi dalam dua sesi dengan pemateri dari PWI Lampung Barat.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: