Komunitas Kopista Tribudi Makmur Lakukan Terobosan Kembangkan Kopi Arabika Tanam Pagar

Komunitas Kopista Tribudi Makmur Lakukan Terobosan Kembangkan Kopi Arabika Tanam Pagar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dengan terus berkembangnya ilmu dan teknologi di sektor usaha perkebunan, masyarakat tani Pekon Tribudi Makmur, Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus mengembangkan sayap dalam pemanfaatan lahan perkebunan kopi yang jadi komoditas masyarakat di kabupaten tersebut. 

Seperti diketahui Kabupaten Lampung Barat yang memiliki tanah subur di kenal dengan perkebunan kopi robusta. Namun, sekarang ini berkat kreativitas dan inovasi yang terus tumbuh. 

Kini lahan mulai dikelola untuk penanaman jenis lainnya seperti yang dilakukan di kebun kopi Suratno, dilakukan penanaman arabika sistem tanam pagar yang dilakukan oleh Komunitas Kopista Tribudi Makmur. 

Tampak dalam penanaman kopi arabika penerapannya cukup menarik seperti menggunakan media plastik mulsa dan lahan digarap dengan baik.

BACA JUGA:Pimpin Gotong Royong, Misno Minta Masyarakat Jangan Hanya Andalkan Bantuan Pemerintah

Dikatakan salah satu anggota Kopista Tribudi  Makmur, keuntungan menanam kopi arabika sisi pagar, yang pertama kebun bisa dijadikan tempat wisata yang kedua populasi tanaman lebih banyak.

Sehingga menghasilkan produktivitas yang tinggi karena apabila penanaman konvensional dalam satu hektar itu kisaran 2500 batang kalau dengan penanaman sistem pagar ini bisa mencapai 5000 sampai 6000 batang per hektar.

0tomatis untuk produktivitas juga lebih tinggi tapi harus disesuaikan dengan perawatan pemupukan yang intensif.

Pekon Tribudi Makmur Asih mendampingi Penjabat (Pj) Peratin Makmur Farid Wajdi S.AB, sangat mendukung dan mengapresiasi inovasi inovasi yang dilakukan oleh masyarakat tani dalam mengembangkan dan memanfaatkan lahan yang tujuannya untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Bersumber DAK Rp15 Miliar, Tiga Ruas Jalan Ini akan Ditangani Tahun Depan

Karena itu pihaknya juga berharap inovasi tersebut mampu diterapkan oleh semua masyarakat apalagi jika sudah dipastikan memiliki berbagai keuntungan terutama produktivitas lahan yang semakin maksimal dengan hasil yang semakin tinggi salah satunya yakni pengembangan tanam kopi arabika sistem tanam pagar. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: