Wow, Lampung Barat akan Terima DAK Fisik Bidang Pariwisata Rp2,430 Miliar

Wow, Lampung Barat akan Terima DAK Fisik Bidang Pariwisata Rp2,430 Miliar

Kepala Disporapar Lampung Barat Drs. Dahlin, M.Pd--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Jika tahun 2023 ini Kabupaten Lampung Barat mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) Fisik Bidang Pariwisata sebesar Rp2.319.365.000 namun pada tahun 2024 kabupaten ini akan menerima anggaran DAK Fisik Bidang Pariwisata sebesar Rp2.430.766.000.

“Kalau tahun ini DAK Fisik Bidang Pariwisata untuk lokasi prioritas (Lokpri) difokuskan untuk Kebun Raya Liwa namun tahun 2024 mendatang difokuskan untuk Seminung Lumbok Resort,” ungkap Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Drs. Dahlin, M.Pd, Senin (27 November 2023).

Menurut dia, dukungan dari Kemenparekraf untuk pembangunan sarana dan prasarana fisik daya tarik wisata (DTW) dilakukan melalui mekanisme DAK Fisik Bidang Pariwisata, dimana untuk Kabupaten Lampung Barat, destinasi Seminung Lumbok Resort sebagai lokasi prioritas pada tahun 2024.

“Awalnya kita mengusulkan DAK Fisik Bidang Pariwisata sebesar Rp5,798 miliar lebih namun ternyata yang disetujui hanya Rp2,430 miliar lebih. Namun kita tetap bersyukur karena pemerintah pusat masih memberikan perhatian kepada Kabupaten Lampung Barat,” ujar dia

BACA JUGA:Telan Ratusan Juta, Ruas Jalan Ini Hanya Ditangani dengan Sirtu Puluhan Kubik

Dijelaskannya, DAK Fisik Bidang Pariwisata pada tahun 2024 itu akan dialokasikan untuk penunjang pariwisata destinasi Seminung Lumbok Resort dengan menu kegiatan pembangunan amenitas dan atraksi Kawasan Wisata Alam (Non Bahari) dengan jenis kegiatan fasilitas kebersihan, fasilitas rekreasi penunjang kegiatan wisata, fasilitas umum dan fasilitas aksesibilitas.

Untuk fasilitas kebersihan, lanjut Dahlin, seperti tempat sampah taman/outdoor metal wooden, kendaraan pengumpul sampah tipe motor dan bangunan TPS (Min 49 m2). 

Lalu untuk fasilitas rekreasi penunjang kegiatan wisata berupa pembangunan gazebo dan pembangunan menara pandang struktur baja.

Selanjutnya, kata dia, fasilitas umum berupa tempat parkir serta toilet dan perlengkapannya sedangkan untuk fasilitas aksesibilitas berupa pembangunan jalur pejalan kaki dan lampu taman. 

BACA JUGA:Pj Bupati Lampung Barat Telah Laporkan Hasil Seleksi JPTP

Dahlin berharap dengan bertambahnya fasilitas objek wisata di Lampung Barat maka pengunjung wisata akan semakin meningkat sehingga mendokrak pertumbuhan perekonomian masyarakat serta meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Dengan adanya penambahan fasilitas di destinasi wisata, kita berharap kunjungan wisatawan semakin meningkat dan pada akhirnya PAD juga akan meningkat,” tutup Dahlin.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: