Luapan Way Krui Genangi Sejumlah Rumah Warga di Gunung Kemala Timur

Luapan Way Krui Genangi Sejumlah Rumah Warga di Gunung Kemala Timur

Luapan sungai Way Krui menggenangi rumah warga--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), pada Selasa (21 November 2023) malam, menyebabkan banjir di sejumlah wilayah wilayah kabupaten setempat, seperti di Pekon Gunung Kemala Timur, Kecamatan Way Krui, akibat luapan aliran sungai Way Krui.

Peratin Gunung Kemala Timur Edison Surya mengatakan, mengatakan guyuran hujan deras yang berlangsung mulai pukul 21.00 WIB, hingga Rabu (22 November 2023) pukul 03.00 WIB, menyebabkan aliran Way Krui meluap sekira pukul 01.00 WIB. 

"Akibat aliran Way Krui meluap sejumlah rumah warga dan fasilitas umum ini terendam banjir, bahkan hingga pukul 03.00 banjir mulai surut tapi air hujan masih mengguyur," kata dia.

Dijelaskannya, akibat banjir tersebut, 10 unit rumah warga, satu taman pendidikan alquran dan satu tempat pemakaman umum terdampak, sehingga warga harus mengungsi ke rumah sanak saudara yang lebih aman.

BACA JUGA:Kebakaran Hanguskan Ruko Sembako di Umbul Lioh Pekon Sebarus

"Banyak rumah warga yang terdampak, karena memang luapan aliran Way Krui kali ini lebih besar dari biasanya, mungkin karena intensitas hujan yang tinggi dan berlangsung dalam waktu yang lama," jelasnya.

Lanjutnya, saat terjadi banjir warga bergotong royong melakukan pembersihan dan penanganan agar banjir tidak berdampak parah, terutama dalam mengamankan barang berharga milik masyarakat. 

"Hingga menjelang subuh masyarakat masih disibukkan dengan kondisi banjir akibat luapan Way Krui tersebut," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: