Mulai 1 Desember, Google akan Hapus Gmail?

Mulai 1 Desember, Google akan Hapus Gmail?

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pada 1 Desember 2023 mendatang, Google akan menghapus akun Gmail yang sudah lama tidak aktif atau tidak terpakai.

Tidak ada aktivitas pada akun tersebut seperti mengakses Gmail, Google Search, YouTube, Drive serta lainnya.

Penghapusan akun yang akan dilakukan pada akun Gmail yang sudah lama tidak aktif selama 2 tahun atau lebih.

Google telah mengumumkan terkait penghapusan akun sejak bulan Mei 2023 lalu, dan telah menyebarkan pemberitahuan kepada akun pengguna yang tidak aktif.

BACA JUGA:5 Jenis HP OPPO dengan Tampilan Elegan, Dijamin Tidak Bikin Kamu Mati Gaya

Dilansir dari kompas.com pada senin 10 November 2023, penghapusan secara permanen berlaku untuk akun yang tidak aktif selama dua tahun atau lebih.

"Kami memperbarui kebijakan ketidakaktifan akun Google menjadi dua tahun di seluruh produk kami," ujar Wakil Presiden Manajemen Produk Google Ruth Kricheli pada Mei 2023.

Sambungnya pembaruan tersebut menyelaraskan kebijakan kami dengan standar industri seputar retensi serta penghapusan akun, juga membatasi jumlah waktu Google menyimpan informasi pribadi yang tidak digunakan.

Menurut Kricheli, langkah yang dilakukan bertujuan untuk melindungi pengguna aktif dari ancaman keamanan, seperti penipuan phising juga pembajakan akun.

BACA JUGA:Berikut Ini Rekomendasi Hp Tahan Air, Awet Batre dan Berkamera Canggih

Sebab, akun yang tidak digunakan selama bertahun-tahun biasanya lebih berisiko untuk diretas juga disusupi.

"Analisis internal kami menunjukkan, akun yang ditinggalkan setidaknya 10 persen lebih kecil kemungkinannya dibanding akun aktif untuk verifikasi dua langkah," kata Kricheli.

Akun yang berhasil diambil alih oleh pihak tidak bertanggung jawab dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari pencurian identitas hingga spam.

Dikutip dari laman Gulf Business, Sabtu 11 November 2023, setiap akun yang berisiko dihapus akan menerima beberapa pemberitahuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: