Negeri Ratu Buka Badan Jalan untuk Permudah Mobilitas Petani

Negeri Ratu Buka Badan Jalan untuk Permudah Mobilitas Petani

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penyerapan alokasi Dana Desa (DD) khususnya pada sektor ketahanan pangan di Pekon Negeri Ratu, Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat dialokasikan untuk membuka jalan usaha tani sepanjang 150 meter x 3 meter guna mempermudah mobilitas petani. 

Peratin Negeri Ratu Herpin Adya menuturkan pembukaan badan jalan usaha tani itu merupakan salah satu prioritas dana desa tahun 2023 khususnya bersumber anggaran program ketahanan pangan.

“Pekon Negeri Ratu merupakan sentra pertanian dan perkebunan. Sejalan dengan itu pemerintah pekon mewujudkan keinginan masyarakat untuk membuka jalan usaha tani. Alhamdulillah itu bisa terealisasi dan prioritas kita setelah dibuka, jalan ini nanti akan kita tingkatkan atau di rabat,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, terus Iwan, pembangunan jalan dengan volume fisik sepanjang 150 meter dan lebar 3 meter itu dilaksanakan dengan sistem padat karya tunai desa (PKTD) atau dengan memberdayakan masyarakat setempat sebagai pekerja.

BACA JUGA:Pihak Yayasan Al Furqon Pajar Bulan Harapkan Perhatian Pemerintah Untuk Renovasi Gedung

“Penerapan PKTD tidak lain untuk menjalankan amanat dalam pengelolaan dana desa, dimana selain memberikan manfaat pembangunan, juga program ini harus mampu membuka lapangan kerja untuk masyarakat,” ujarnya

Herpin menambahkan pembukaan badan jalan baru ini menambah daftar kebutuhan masyarakat yang telah terpenuhi, dan setiap tahun infrastruktur terus menjadi skala prioritas utama dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari yaitu bertani dan berkebun. Dengan begitu, lahan yang ada bisa tergarap dengan maksimal.

“Jalan ini merupakan jalan menuju lahan perkebunan kopi masyarakat, dengan telah tersedianya badan jalan ini mudah-mudahan dapat mendukung kelancaran mobilitas petani,” imbuh dia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: