Harga Cabai di Bandar Lampung Terus Meroket

Harga Cabai di Bandar Lampung Terus Meroket

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harga cabai rawit di sejumlah pasar wilayah kota Bandar Lampung terus alami lonjakan. Berdasarkan Pantawan medialampung.co.id di pasar tempel Rajabasa, Harga cabai rawit hijau, per hari ini berkisar Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu per kilogram (kg).

Salah satu pedagang di pasar tersebut meri (38) mengaku, harga cabai rawit hijau saat ini melonjak naik hampir mencapai Rp 80 ribu per kg dan cabai rawit domba hampir mencapai Rp 100 per kg.

Meri menyebut, kenaikan harga cabai terjadi sejak bulan Oktober dan diperkirakan masih akan terus naik hingga tahun baru januari tahun depan. 

"Harga-harga di kemungkinan masih terus naik, terlebih sebentar lagi mau tahun baru biasanya harga-harga itu pada naik, sayuran yang lainya juga biasanya ikut naik," tuturnya.

BACA JUGA:Kepulangan Syafa Disambut Meriah Keluarga SDN Sinar Luas

Dampak kenaikan harga beberapa jenis cabai tersebut, membuat para pembeli jadi berkurang.

"Untuk sementara konsumen pembeli si masih ada, tapi berkurang yang biasanya beli satu kilo sekarang cuma beli setengahnya bahkan ada berkurang yang beli cuma seons saja," Kata dia.

Namun berbeda kenaikan yang terjadi di  pasar way halim, Kota Bandar Lampung harga cabai di pasar tersebut pedagang menjual dari Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram (Kg). 

Berdasarkan pengakuan salah satu pedagang handoko menyebutkan, sebelumnya ia menjual Rp 80 ribu per kilogramnya namun saat ini dirinya menjual hingga 90 ribu per kilogram. 

BACA JUGA:Warga Penerima PKH Pekon Karang Agung Terima Bantuan September-Oktober

"Iya khusus cabai hampir semua jenis naik harganya mas, cabai merah sekarang saya jual 80 ribu per kilonya," Kata dia.

Handoko menyebutkan kenaikan harga cabai disebabkan dampak dari musim kemarau yang terjadi, sehingga stok dari para petani untuk saat ini berkurang.

"Sekarang yang beli cabai pada sedikit, yang tadinya beli sekilo sekarang paling seperempat. Jujur aja saya gak berani stok banyak-banyak di lapak, takut pada busuk saya rugi sebab modalnya mahal," Ungkapnya.

Sementara salah satu pedagang Pasar Smep, tiwi mengatakan kenaikan harga cabai sudah terjadi sejak sepekan lalu. Ia masih menjual cabai caplak dengan harga Rp 85 ribu per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: