Hasil Survei Ke 3 Capres Versi ARCI Terbaru Wilayah Jatim

Hasil Survei Ke 3 Capres Versi ARCI Terbaru Wilayah Jatim

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru di wilayah Jawatimur (Jatim) terkait elektabilitas ke 3 bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden yang sudah mendaftar di KPU.

Dari hasilnya tersebut menunjukan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas.

Menurut survei ARCI, elektabilitas pasangan Prabowo da Gibran di angka 40,1%. Kemudian disusul Ganjar Pranowo dan Mahfud MD 35,9%. Lalu pasangan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar di angka 22,2%.

Berdasarkan Informasi yang beredar, Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengutarakan faktor kuat pasangan Prabowo dan Gibran unggul di Jatim. Diantaranya seperti migrasi pendukung PDIP yang awalnya memilih Ganjar Pranowo, kini beralih mendukung Prabowo.

BACA JUGA:Biro SDM Polda Lampung Lakukan Penanaman 1000 Pohon dan Bhakti Sosial di Jatiagung

"Pemilih PDIP, terutama di basis Mataraman yang awalnya tertuju mendukung Ganjar, kini beralih ke Prabowo sebab faktor Gibran," Ungkapnya di Surabaya, Rabu 1 November 2023. Dikutip dari cnbcindonesia.com

Tambahnya Baihaki menyebut sebanyak 33,7% pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran. Sementara 66,3% memilih Ganjar-Mahfud. Tidak ada pemilih PDIP yang ke Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

"Faktor Gibran dan Jokowi mempengaruhi pemilih PDIP wilayah Jatim beralih dari Ganjar ke Prabowo. Jadi mereka jika partai tetap memilih PDIP, tapi capresnya Prabowo," Kata dia.

Baihaki menyebut bergabungnya Gibran menjadikan Prabowo mendapat limpahan suara loyalis Jokowi khususnya wilayah Jatim. Apalagi, Jatim merupakan basis Jokowi selama dua kali Pemilihan Presiden di 2014 juga pada 2019.

BACA JUGA:Soal Dugaan Anak Dianiaya di Bandar Lampung Bukan Terjadi di Pesantren

"Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat mendukung Ganjar, kini mulai pindah ke Prabowo," Ungkapnya.

"Survei tersebut kami lakukan saat bacapres mendaftar ke KPU, juga saat Gibran diumumkan sebagai cawapres oleh Prabowo," tandasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 22 hingga 27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten dan kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% juga tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Berikut ini hasil lengkap elektabilitas capres dan cawapres di Jatim versi ARCI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: