Ini Trik Tukang Sumur Bor Temukan Titik Sumber Air

Ini Trik Tukang Sumur Bor Temukan Titik Sumber Air

Menemukan titik sumber mata air tanah membutuhkan teknik khusus yang jarang orang ketahui--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Musim kemarau berdampak pada sulitnya mendapatkan sumber air, seperti di dataran tinggi atau daerah yang keberadaan hutannya sedikit seperti di perkotaan. 

Dan berkat berkat kecerdasaan manusia, untuk memperoleh air banyak yang memanfaatkan sumur bor dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Nah pada kesempatan ini kita ungkap rahasia tukang sumur bor dalam menentukan mata air di dalam tanah yang dibor hingga puluhan meter. 

Dalam membuat  sumur bor tentunya akan menggunakan jasa tukang sumur bor yang memiliki keterampilan khusus yakni mampu menemukan mata air di bawah permukaan tanah.

BACA JUGA:Ketua DPRD Fasilitasi Penahanan Ijazah Siswa SMA Di Lamteng

Dan, rahasia tukang sumur bor dalam menemukan sumber air tentunya menjadi misteri bagi masyarakat awam.

Ternyata dari keterangan tukang sumur bor yang berhasil dirangkum media ini cara menemukan sumber air sumur bor adalah dengan menggunakan metode geolistrik.

Ini adalah metode geofisika untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan, yang ada di bawah permukaan tanah.

Berikut ini merupakan tahapan dalam melakukan metode geolistrik tersebut. 

BACA JUGA:Anggota DPRD Sorot Kecurangan PPDB

1. Melakukan perencanaan Eksplorasi air tanah sebelum melakukan pembuatan sumur bor, geolistrik sebagai perencanaan tahap awal untuk melakukan eksplorasi air tanah yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang akurat dari pengolahan data geolistrik.

2. Logging air tanah dilakukan untuk mengetahui potensi dan kedalaman air tanah. Alat geolistrik digunakan dalam proses ini juga berfungsi untuk memberi saran titik ke dalam pengeboran, peletakan saringan, serta konstruksi sumur bor.

3. Menentukan Sumber Daya Air Tanah untuk mengetahui bentuk lapisan penyimpan cadangan air, hasil geolistrik bisa dilakukan pemodelan 3D.

Alat geolistrik juga bermanfaat untuk mengetahui sumber daya air tanah, ketebalan lapisan sedimen di dalam tanah, serta jenis batuan mineralnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: