Pendaftaran CPNS 2023 Resmi Dibuka, Tentukan Formasi Pilihanmu!

Pendaftaran CPNS 2023 Resmi Dibuka, Tentukan Formasi Pilihanmu!

Ilustrasi Seleksi CPNS 2023--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pintu kesempatan untuk menjadi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara resmi dibuka hari ini, Rabu 20 September 2023.

Pemerintah telah membuka pendaftaran CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) secara online melalui laman resmi sscasn.bkn.go.id. Berbagai formasi yang diinginkan oleh kementerian dan instansi pemerintah lainnya juga bisa diakses secara online.

Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2023 telah diumumkan, dengan sejumlah kementerian, instansi pusat, maupun daerah, yang telah mulai mengumumkan rincian formasi dan syarat pendaftaran untuk tahun ini. 

Inilah kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi bagian dari sektor publik dan berkontribusi untuk kemajuan negara.

BACA JUGA:22 Instansi yang Membuka Penerimaan CPNS dan PPPK Tahun Ini

CPNS adalah pegawai yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK) dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional. 

Mereka memiliki masa kerja hingga mencapai masa pensiun, yaitu 58 tahun bagi Pejabat Administrasi dan 60 tahun bagi Pejabat Pimpinan Tinggi.

Sementara PPPK adalah pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh PPK sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah dan ketentuan perundang-undangan. 

Berbeda dengan PNS, masa kerja PPPK sesuai dengan surat perjanjian yang telah disepakati, misalnya 3 tahun atau 5 tahun, dan akan diperpanjang apabila masih dibutuhkan oleh instansi.

BACA JUGA:Sama-sama Untuk Lulusan SMA/SMK, Ini Perbedaan Persyaratan CPNS 2023 di Kemenkumham dan Kejagung

Beberapa instansi pemerintah yang telah mengumumkan formasi CPNS dan PPPK per tanggal 19 September 2023 adalah sebagai berikut:

1. Kejaksaan Agung RI 2023: [Link PDF Formasi CPNS Kejaksaan Agung RI 2023]

2. Mahkamah Agung 2023: [Link PDF Formasi CPNS Mahkamah Agung 2023]

3. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 2023: [Link PDF Formasi CPNS Kemendagri 2023]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: