Tim Nakes Puskesmas Batu Kebayan Berikan Pelayanan Imunisasi di Sekolah

Tim Nakes Puskesmas Batu Kebayan Berikan Pelayanan Imunisasi di Sekolah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Tenaga Kesehatan UPT Puskesmas Batu Kebayan mulai dari bidan desa hingga perawat puskesmas melaksanakan kegiatan Imunisasi bagi para siswa Sekolah Dasar (SD) seperti yang dilaksanakan di SD Negeri Atarbawang, Selasa (29 Agustus 2023).

Untuk diketahui, program BIAS merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat melalui seluruh puskesmas untuk mencegah dan memberikan perlindungan terhadap anak-anak dari bahaya penyakit Campak, Difteri maupun Tetanus. 

Imunisasi ini secara khusus diberikan kepada para siswa SD kelas 1 dan 2.

Kepala UPT Puskesmas Batu Kebayan, Sarwo Edi Wahono, S.K.M, mengungkapkan, pemberian imunisasi untuk para siswa sekolah dasar ini dilakukan dengan mendatangi setiap sekolah yang ada di Kecamatan Batu Ketulis.

BACA JUGA:Mantap, Pj Bupati Lampung Barat Terima Penghargaan Lencana Melati

Dalam program BIAS tersebut, para siswa diberikan vaksin campak-rubella (MR) dan vaksin difteri-tetanus (DT).

“Jadi kami menghimbau kepada orang tua agar dapat mengizinkan anaknya untuk mendapat imunisasi di sekolah,” kata Sarwo.

Selain imunisasi, kegiatan itu juga menjadi bagian dari upaya puskesmas untuk melakukan penjaringan kesehatan di sekolah atau untuk deteksi dini bagi siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan pelayanan sedini mungkin.

Upaya deteksi dini itu juga dilakukan mulai dari pemeriksaan kebersihan perorangan, pemeriksaan rambut, kuku dan kulit, pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri.

BACA JUGA:Gerakan SIGAP SPHP, Antisipasi BULOG Untuk Stabilisasi Harga Beras di Pasaran

“Pemeriksaan ketajaman indera penglihatan dan penciuman serta pemeriksaan gigi dan mulut,” imbuhnya.

Sehingga program ini harus mendapat dukungan dari para guru dan orang tua karena saat anak memasuki usia sekolah dasar sistem kekebalan tubuh harus ditingkatkan. 

Oleh sebab itu pemerintah memberikan imunisasi ulang kepada anak usia sekolah dasar.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: