Waspada, Ruas Jalan Liwa-Krui Rawan Pohon Tumbang

Waspada, Ruas Jalan Liwa-Krui Rawan Pohon Tumbang

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) pada Kamis (24/6) pagi mengakibatkan pohon tumbang di ruas jalan Liwa-Krui tepatnya di Pal Lima, Pekon Labuhan Mandi, Kecamatan Way Krui sekira pukul 06.00 WIB.

Kepala BPBD Pesbar Mirza Sahri mengatakan, pohon berukuran besar tumbang dan menutup badan jalan ruas Liwa-Krui, kejadian tersebut sempat membuat arus lalu lintas lumpuh total baik dari arah Liwa ke Krui ataupun sebaliknya.

“Wilayah Kabupaten Pesbar memang sudah lama tidak hujan, tapi hembusan angin cukup kencang dan menyebabkan pohon berukuran besar tumbang di Pal Lima, Pekon Labuhan Mandi, petugas di lapangan yang mengetahui kejadian tersebut langsung terjun untuk melakukan evakuasi,” kata dia.

Dijelaskannya, pohon berukuran besar yang tumbang dan menutup badan jalan tersebut berhasil dibersihkan sekitar pukul 07.00 WIB, dengan menggunakan peralatan seperti gergaji mesin dan golok.

BACA JUGA:Ini Cara Cek Keaslian STNK, Jangan Sampai Beli Kendaraan Bodong

“Petugas penanggulangan bencana yang siaga di sepanjang jalan Liwa-Krui itu memang dilengkapi dengan peralatan untuk melakukan evakuasi jika terjadi pohon tumbang, seperti gergaji mesin golok, dan peralatan lainnya, bahkan pada saat kejadian petugas dibantu warga dan pengendara agar badan jalan bisa dilalui,” jelasnya.

Menurutnya, akibat pohon tumbang tersebut, tidak hanya membuat arus lalulintas yang lumpuh, kabel jaringan listrik juga berdampak, hingga ikut menutup badan jalan. 

Kondisi tersebut langsung dikoordinasikan dengan pihak PLN.

“Sekarang arus lalu lintas sudah normal, pohon besar yang tumbang juga sudah dibersihkan dan kabel PLN juga sudah di tata kembali. Kabel jaringan listrik itu tidak berbahaya karena sudah ada penutupnya sehingga lebih aman,” terangnya.

BACA JUGA:Setelah Rangka eSAF Patah, Kini Muncul Kasus Stang Oleng Vario 160

Pihaknya mengimbau, pengendara yang melintas di ruas jalan Liwa-Krui agar lebih berhati-hati dan waspada jika hujan deras dan angin kencang melanda wilayah tersebut, karena bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang sering terjadi.

“Beruntung musibah pohon tumbang tersebut tidak menelan korban jiwa, kami tetap mengimbau agar pengendara yang melintas dan warga yang bermukim di sepanjang jalan itu tetap waspada bencana alam,” terangnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi terjadi bencana alam di sepanjang jalan penghubung dua kabupaten itu, pihaknya telah menyiagakan petugas penanggulangan bencana yang selalu siap menjalankan tugas penanggulangan bencana.

“Kami pastikan petugas penanggulangan bencana yang siaga di sepanjang jalan Liwa-Krui itu selalu siap jika terjadi bencana alam, dan mereka akan menyampaikan laporan jika memang membutuhkan perlengkapan pendukung,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: