Pangkat Tertinggi di Militer, Ini 3 Nama Jenderal Bintang Lima di Indonesia

Pangkat Tertinggi di Militer, Ini 3 Nama Jenderal Bintang Lima di Indonesia

--

Jenderal Sudirman juga tercatat sebagai Panglima sekaligus jenderal pertama dan termuda yang pernah dimiliki Negara Indonesia.

Penganugerahan Jenderal Bintang Lima kepada jenderal Sudirman sesuai dengan Keputusan Presiden No 44 /ABRI / Tahun 1997.

 

2. Jenderal (Purn) Abdul Haris Nasution

Jenderal Abdul Haris Nasution atau yang lebih dikenal dengan AH.Nasution lahir pada tanggal 3 Desember 1918 di Sumatera Utara

Nasution mulai berkecimpung pada dunia militer sejak mengikuti pendidikan Corps Opleiding Reserve Office (CORO) KNIL atau Korp Pendidikan Perwira Cadangan pada tahun 1940-1942 yang berada di bandung

Setelah menjalani studi militer, Nasution diangkat menjadi vaandrig atau pembantu letnan calon perwira dan ditempatkan di Batalyon 3 Surabaya, Kebalen. 

BACA JUGA:Paket Proyek Senilai Rp80,063 Miliar Selesai Diproses

Ketika Perang Dunia II, Batalyon 3 ditugasi untuk mempertahankan pelabuhan Tanjung Perak.

Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah membentuk Tentara Keamanan Rakyat atau TKR. 

Nasution lantas diangkat menjadi kepala staf komandemen TKR I/Jawa Barat. Ia bertugas menyusun organisasi dan administrasi.

Pada tahun 1948 dirinya menjabat sebagai Wakil Panglima Besar Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI), karirnya melejit hingga menjadi Jenderal Mayor dan menjabat Panglima Divisi III/TKR Priangan yang juga dikenal menjadi Divisi I/Siliwangi.

BACA JUGA:Siswa SDN 1 Sukaraja Lakukan Persiapan Serius Meriahkan Semarak HUT RI Ke 78, Tahun 2023

Pada 10 Desember 1949, Nasution diangkat menjadi kepala staf angkatan darat (KSAD).

Ia sempat dinonaktifkan akibat konflik antara Angkatan Darat dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) karena dianggap terlalu jauh mencampuri masalah internal Angkatan Darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: