Kini, Masyarakat di Pesisir Barat Bisa Bayar PBB Secara Online

Kini, Masyarakat di Pesisir Barat Bisa Bayar PBB Secara Online

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), melaksanakan launching Pajak Bumi dan Bangunan (PBBOnline dan sosialisasi pembayaran PBB-P2 secara Online tahun 2023 di Gedung Serbaguna (GSG) Selalaw, Pantai Labuhan Jukung, Senin 17 Juli 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati-Wabup Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H.,-Ahmad Zulqoini Syarif, S.H., Kepala Bapenda Drs. Gunawan, M. Si., Kepala BPD Lampung., Manjaya Arfa Armando., para asisten, Kepala OPD, Camat, Peratin dan pelaku usaha di kabupaten setempat.

Dalam kesempatan itu Agus Istiqlal., mengatakan dalam undang- undang No.28/2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah memberikan keleluasaan kepada daerah untuk menggali potensi pajak dan retribusi yang ada di daerah masing-masing.

"Sejalan dengan hal tersebut, saya mengajak kepada semua pihak terkait untuk terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah. Saat ini pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah," kata dia. 

BACA JUGA:Memasuki Tahun Ajaran Baru, Disdikbud Lampung Barat Lakukan Pembinaan Sekolah

Dijelaskannya, Pemkab Pesbar telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah yaitu dengan cara melakukan intensifikasi pajak daerah melalui berbagai inovasi.

Salah satu inovasi yang dilakukan badan pendapatan daerah yakni menjalin kerjasama dengan bank pembangunan daerah lampung. 

Kerjasama yang dilakukan tersebut dalam rangka pembayaran secara online PBB-P2 di kabupaten pesisir barat tahun 2023. 

"Melalui pembayaran secara online PBB-P2 ini maka akan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak yang merupakan kewajibannya melalui aplikasi lampung online, l-smart, tokopedia dan juga toko belanja seperti alfamart dan indomaret," jelasnya.

BACA JUGA:PBB 7 Pekon di Lampung Barat Lunas 100 Persen

Dikatakannya, melalui kerjasama itu, pihaknya mempunyai keyakinan yang besar bahwa pajak daerah masih dapat meningkat jauh lebih besar di tahun-tahun mendatang apabila semua pihak berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya peningkatan yang nyata.

Dengan adanya inovasi pembayaran secara online PBB-P2 tersebut, diharapkan realisasi pajak daerah pada tahun mendatang dapat meningkat secara signifikan. 

"Bapenda, camat serta seluruh lurah dan peratin dapat terus mensosialisasikan setiap kebijakan pajak daerah serta memupuk kesadaran masyarakat dalam membayar pajak," terangnya.

Ditambahkannya, kepada seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan untuk terus bekerja sama dalam rangka pemungutan pajak daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: