DPMPTSP dan PUPR Sosialisasikan Program SIM BG di Kecamatan Way Tenong

DPMPTSP dan PUPR Sosialisasikan Program SIM BG di Kecamatan Way Tenong

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pihak dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) bersama Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menggelar sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIM BG) di Kecamatan Way Tenong, bertempat di Aula kantor kecamatan setempat Selasa 11 Juli 2023.

Dalam acara tersebut peserta yang hadiri para peratin, aparat pemangku, para pengusaha hingga utusan masyarakat. Dan jajaran kantor kecamatan dipimpin langsung Camat Nowo Wibawono, S.Pd, M.M., Sekcam Efhan Prayuda, S.Pd., 

Sementara dari pihak Pemkab Lambar Dari PUPR Kabid Cipta Karya Alek Wijaya, ST., dan narasumber dari PUPR Veri Adiansah, S,T, M.T., dari DPMPTSP Ramal Raicia Alam, SH., Dan dari Kecamatan Way Tenong Kasi Trantib Gatot Hadianto. 

Disampaikan Efhan Prayuda mendampingi Camat Nowo Wibawono, sosialisasi tersebut tindak lanjut  berdasarkan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja No.11/2020, yang didalamnya terjadi perubahan dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

BACA JUGA:Mangsa Ternak Kambing dan Rusak Rumah, Warga Serungkuk Dibuat Resah oleh Munculnya Beruang Madu

Dan dengan telah menjadi PBG dalam pengurusannya melalui dua dinas yakni DPMPTSP dan PUPR. 

"Sebelumnya saat masih IMB dalam pengurusan berkas cukup di DPMPTSP. Tapi sekarang harus melalui DPMPTSP dan DPUPR, Tapi khusus berkas PBG kategori Hunian dapat langsung ke Dinas PUPR," terangnya.

Lanjut Efhan dengan PBG pengurusan tidak lagi manual melainkan dapat dilakukan melalui aplikasi yang telah tersedia di kantor masing-masing arau dapat melalui perangkat internet masyarakat seperti online laptop maupun sejenisnya. 

"Seiring perkembangan zaman dan terobosan digitalisasi masyarakat semakin dimudahkan," ungkap dia.

BACA JUGA:Jumlah Kunjungan Wisatawan di Lampung Barat Naik Signifikan

Dan perihal sosialisasi itu Efhan menyampaikan terimakasih kepada pihak Pemkab Lambar yakni DPMPTSP dan Dinas PUPR, sebab dengan cara seperti sekarang ini masyarakat benar-benar merasa terbantu. 

Karena itu bagi seluruh peserta yang telah mengikuti sosialisasi dapat kembali mensosialisasikan ke warga secara rinci agar masyarakat juga mengetahui tentang program SIM BG," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: