Kapolres Lampung Barat: Kasat Kamling 'Early Warning' Terhadap Potensi Kejahatan di Tingkat RT/RW

Kapolres Lampung Barat: Kasat Kamling 'Early Warning' Terhadap Potensi Kejahatan di Tingkat RT/RW

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.IK, MH., memimpin pelaksanaan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling), yang dipusatkan di Lapangan Mako Polres setempat, Rabu 21 Juni 2023.

Apel Kasat Kamling tersebut, dihadiri Penjabat (PJ) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., Dandim 0422/Lb Letkol Czi Anthon Wibowo, Kadis Kominfo Lambar Munandar, S.Sos., dan Kasat Pol PP  Haiza Rinsa.

Dalam kesempatan itu, AKBP Heri Sugeng Priyantho membacakan amanat Kapolri di hadapan peserta apel terdiri dari personil Polres, satu pleton personil Kodim 0422/Lb dan satu pleton Satkamling.

"Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya revitalisasi Satkamling," ungkapnya.

BACA JUGA:Enam Manfaat Buah Pala Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Gubernur Arinal Imbau Masyarakat Tidak Sembarangan Ubah Alih Fungsi Lahan Pertanian

Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara kamtibmas secara swakarsa.

"Satkamling atau satuan keamanan lingkungan merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada dibawah pembinaan Polri," ungkapnya.

Menurut dia, kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3  ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang  menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.  

Terusnya, Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. 

BACA JUGA:Kode Redeem FF 21 Juni 2023, Gratis 350 Diamond Free Fire

BACA JUGA:5 Jenis Barang Bekas Ini Harganya Kelewat Mahal, Ada Mangkok Seharga Bugatti Veyron

Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi "early warning" terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif. 

Oleh karena itu, solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: