Peringati Harkonas, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Gaungkan Tema Konsumen Berdaya Ekonomi Lampung Berjaya

Peringati Harkonas, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Gaungkan Tema Konsumen Berdaya Ekonomi Lampung Berjaya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengikuti Senam Bersama dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2023, di PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Jumat 16 Juni 2023.

Pada acara itu Gubernur menggabungkan tema Harkonas : Konsumen Berdaya Ekonomi Lampung Berjaya.

Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya, dan menempatkan konsumen sebagai subjek penentu kegiatan ekonomi, serta mewujudkan konsumen cerdas yang cinta produk dalam negeri. 

"Dengan demikian diharapkan para pelaku usaha akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya, sehingga siap menjadi tuan rumah di negerinya sendiri dan mampu bersaing di pasar global, yang pada gilirannya menunjang pemberdayaan ekonomi daerah dan nasional," Kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto saat membacakan sambutan Gubernur Lampung. 

BACA JUGA:Promosikan ESG dan Ekowisata, Bank Mandiri Kembali Gelar Mandiri Jogja Marathon 2023

Lanjutnya, Peringatan Harkonas merupakan bentuk kehadiran negara dalam melindungi konsumen sekaligus momentum yang tepat sebagai pengingat untuk peningkatan perlindungan konsumen.

"Perlindungan Konsumen terutama bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi diri, serta menumbuhkan kesadaran pelaku usaha, sehingga tumbuh sikap jujur dan bertanggung jawab dalam penyediaan barang dan/ atau jasa yang berkualitas," jelasnya. 

Lanjut, Fahrizal menuturkan Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen dalam melaksanakan perlindungan konsumen. 

Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Provinsi Lampung dari sebelumnya di angka 48,78 menjadi 51,58 pada tahun 2022.

BACA JUGA:Bank Mandiri Edukasi Pengelolaan Sampah dan Kampanye Kebersihan di Ajang FIFA Matchday

"Selain itu, Pemprov Lampung telah membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), yang merupakan lembaga dimana konsumen dapat melapor jika merasa dirugikan dalam kegiatan perdagangan atau jual-beli," terangnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemberdayaan Konsumen, Ivan Fitriyanto, menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi karena telah mengadakan kegiatan Hari Konsumen Nasional ini. Kegiatan Harkonas tingkat Provinsi ini merupakan yang kedua, setelah Papua Barat.

"Artinya Pak Gubernur sangat peduli kepada konsumen. Konsumen itu adalah masyarakat Lampung. Berarti Pak Gubernur peduli dengan masyarakat Lampung," ungkapnya. 

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni dalam laporannya mengatakan Harkonas ini sebagai upaya mengkampanyekan aksi perlindungan konsumen di Provinsi Lampung agar dapat mencapai tujuan dari upaya-upaya perlindungan konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: