Dishub Lampung Barat Usulkan Penambahan Rute Bus Damri Menuju Suoh dan Sumber Jaya

Dishub Lampung Barat Usulkan Penambahan Rute Bus Damri Menuju Suoh dan Sumber Jaya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Senin 12 Juni 2023 mengusulkan penambahan rute Bus Damri yaitu Liwa-Sumber Jaya dan Liwa-Suoh kepada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Lampung.

“Hari ini kita telah mengajukan proposal usulan untuk penambahan dua rute Bus Damri yang beroperasi di Kabupaten Lampung Barat pada tahun 2024 kepada Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Provinsi Lampung,” ungkap Kabid Angkutan dan Keselamatan Sukardi mendampingi Plt. Kepala Dinas Perhubungan Reza Mahendra, Senin 12 Juni 2023.

Dijelaskannya, latar belakang diusulkannya penambahan rute Bus Damri tersebut dikarenakan atas permintaan masyarakat dan untuk mempermudah transportasi. 

“Masyarakat mengusulkan agar Bus Damri bisa beroperasi dari Liwa ke Sumber Jaya melalui jalur utama. Kemudian selama ini Liwa-Suoh minim transportasi sehingga masyarakat berharap agar Bus Damri bisa beroperasi di daerah tersebut, apalagi di daerah Suoh banyak tempat-tempat wisata yang menarik dan untuk meningkatkan perekonomian, dan dari segi pertanian dan lainnya juga sangat mendukung,” kata dia.

BACA JUGA:Lagi, Gempa Bumi Berkekuatan 4.8 Magnitudo Terjadi di Pesisir Barat

Lebih jauh dia mengungkapkan, selama ini Bus Damri telah beroperasi untuk rute Liwa-Kebun Tebu dan Liwa-Way Heni Pesisir Barat, masyarakat sangat terbantu dengan adanya Bus Damri tersebut. 

“Kita sudah melakukan pengkajian terhadap penambahan dua rute yaitu Liwa-Sumber Jaya serta Liwa-Suoh, dan hasilnya memang layak untuk diusulkan. Kita berharap kepada BPTD Kelas II Provinsi Lampung agar usulan penambahan rute tersebut dapat direalisasikan pada tahun 2024 mendatang,” harapnya.

Sekadar diketahui, dua unit Bus Damri trayek Liwa-Kecamatan Kebun Tebu resmi beroperasi pada 1 Januari 2022 lalu. 

Tentunya, dengan beroperasinya Bus Damri ini akan sangat mendukung perekonomian masyarakat. 

BACA JUGA:Getaran Gempa 4,8 SR di Pesisir Barat Terasa Kuat di Lampung Barat

Salah satunya ialah sebagai wadah untuk mendongkrak wisata-wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat, sebab wisata-wisata yang ada di Lampung Barat ada yang berada di jalur lintasan Bus Damri tersebut.

Beroperasinya Bus Damri tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP-DRJD 8613 Tahun 2022 tentang Jaringan Trayek Angkutan Jalan Perintis Tahun 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: