Nilai Transaksi e-Katalog UMKM di Pesisir Barat Capai Rp3,1 Miliar

Nilai Transaksi e-Katalog UMKM di Pesisir Barat Capai Rp3,1 Miliar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Nilai transaksi melalui e-Katalog pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pesisir Barat (PESBAR) pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten setempat yang diterbitkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ditahun 2023 ini sudah mencapai Rp3,1 miliar dari total 55 transaksi.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Pesbar, Mizar Diyanto, S.E, M.P., mengatakan bahwa, sampai dengan sekarang sudah tercatat sebanyak 72 pelaku UMKM yang terdaftar dalam e-katalog dengan berbagai macam etalase produk yang dihadirkan oleh masing-masing UMKM. 

Namun, dari jumlah etalase produk itu yang terbanyak yakni etalase Alat Tulis Kantor (ATK) dengan jumlah ada 16 penyedia.

“Sedangkan lainnya, merupakan etalase produk bahan pokok, material, aspal, benih hortikultura, benih tanaman perkebunan, serta beton precast,” katanya, Jumat (2/6/2023).

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 2 Juni 2023, Libra-Capricorn, Ada Ide Brilian Hari Ini

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 2 Juni 2023, Gemini-Virgo, Manfaatkan Waktu Romantis

Selain itu, kata dia, ada juga pelaku UMKM di Pesbar ini yang menyediakan etalase produk percetakan, jasa keamanan, hewan ternak, makanan dan minuman, pakaian dinas dan tradisional, seragam sekolah, servis kendaraan, souvenir, dan sebagainya. 

Semua etalase tersebut tersedia di e-katalog lokal Kabupaten Pesbar. Sementara itu, mengenai jumlah transaksi e-katalog UMKM Kabupaten Pesbar yang sudah mencapai angka sebesar Rp3,1 miliar itu tentunya sudah cukup baik.

“Mengingat, di tahun sebelumnya atau pada 2022 lalu, untuk e-katalog UMKM Pesbar itu tidak ada transaksi atau nol transaksi. Artinya, produk UMKM Pesbar di tahun 2023 yang masuk e-katalog itu saat ini sudah banyak diminati oleh para rekanan ataupun terkait lainnya,” jelasnya.

Karena itu, kata dia, mudah-mudahan kedepan nilai transaksi e-katalog UMKM Pesbar ini bisa terus berkembang dan meningkat kembali setiap tahunnya, karena hingga akhir 2023 mendatang tidak menutup kemungkinan transaksi itu akan terus bertambah. 

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 2 Juni 2023, Aquarius-Taurus, Saatnya Lunasi Hutang

BACA JUGA:Setelah 20 Tahun Pencarian, Koin Berusia 2000 Tahun Akhirnya Ditemukan dan Dihargai Rp14,8 Miliar

Tentu diharapkan di tahun berikutnya kembali mengalami peningkatan, dengan begitu akan mendorong kemajuan para pelaku UMKM lokal. 

Hal itu mengingat, e-katalog sangat berpeluang besar yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM di Pesbar ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: