Walikota Eva Dwiana Titip Pesan ke 1.260 Relawan SAPA, Wujudkan Kelurahan Ramah Anak

Walikota Eva Dwiana Titip Pesan ke 1.260 Relawan SAPA, Wujudkan Kelurahan Ramah Anak

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana telah meelantik sebanyak 1260 orang untuk menjadi lelaki SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak). Yang mana untuk satu kelurahan di tempatkan sepuluh orang relawan.

Mereka bertugas untuk melakukan sosialisasi terkait kelurahan ramah perempuan dan peduli anak (KRPPA) di Kota Bandar Lampung. 

Eva Dwiana, menyampaikan tiap kelurahan wajib memiliki kader untuk meninjau daerahnya apabila terjadi kasus kekerasan perempuan dan anak.

"KDRT ini urgent. Tapi kadang-kadang mereka gak mau menginformasikannya pada kita. Inilah tugas para relawan untuk memantau keadaan kelurahannya masing masing supaya tidak ada lagi kekerasan perempuan dan anak," sebut Eva Dwiana.

BACA JUGA:Baca Doa Ini Agar Selalu Diberi Kesehatan

Eva Dwiana menginformasikan, rata-rata kasus kekerasan dalam rumah tangga terjadi karena faktor ekonomi.

Dalam mengatasi hal tersebut, pihaknya juga saat ini menggalakkan beberapa program peningkatan perekonomian, seperti pelatihan ibu rumah tangga dan modal untuk UMKM.

Eva Dwiana menyampaikan fungsi relawan SAPA untuk memantau kekerasan perempuan dan anak di lingkungan maupun kelurahan masing-masing itu perlu dan harus dilakukan.

"Fungsi dari relawan SAPA untuk memberikan himbauan, masukan, kemudian yang namanya menjalankan keluarga sakinah, mawadah itu seperti apa," jelas Walikota Eva Dwiana.

BACA JUGA:Kadisnaker Lampung Imbau Masyarakat yang akan Bekerja di Luar Negeri untuk Tak Tergiur Tawaran Agen Ilegal

Sehingga dengan adanya tim ataupun relawan SAPA ini, perempuan dan anak dapat terbantu dalam pencegahan KDRT atau hal hal yang tidak diinginkan lainnya. 

"Ia mungkin memang tidak bisa ikut campur lebih dalam urusan rumah tangga. Jika Relawan SAPA dengan warga terutama ibu-ibu rumah tangga, mudahan mudah mereka mengerti apa yang harus dilakukan kalau terjadi apa-apa di keluarga mereka," sebutnya.

Selain dari pada itu juga Eva Dwiana juga menghimbau kepada 1260 orang Relawan SAPA yang baru dilantik segera berkoordinasi dengan lurah dan camat. 

BACA JUGA:Hindari Ini agar Asam Lambung tidak Kambuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: