Begini Cara Mendapatkan Bantuan PIP 2023

Begini Cara Mendapatkan Bantuan PIP 2023

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2023 telah dibuka oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslatdik) yang merupakan program kerjasama antara tiga menteri yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Berdasarkan kabar yang beredar dana PIP tersebut sudah cair sejak Selasa 4 April 2023 Jumlah penerima pada Surat Keputusan (SK) Pemberian sebanyak 5.432.461 siswa Kemudian penerima pada SK Nominasi sebanyak 349.125 siswa. 

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk penerima bantuan tersebut berikut uraian caranya mengeceknya

Cek Penerima PIP 2023 Peserta didik mengakses laman website resmi https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1.

BACA JUGA:Uang Kuno Pecahan Rp 2 ½ Seharga Mobil Diburu Para Kolektor

Siapkan data yang dibutuhkan seperti Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) dan NIK.

Bila muncul data di laman tersebut, maka kamu termasuk siswa penerima PIP dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Sedangkan bila datanya muncul tanpa KIP, berarti kamu memasuki kategori penerima PIP yang tidak menerima KIP.

Berdasarkan laman resmi Program Indonesia Pintar dijelaskan PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah. 

Bantuan diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.

BACA JUGA:Sakit Kepala Migrain atau Vertigo? Apa Bedanya?

Bantuan PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah agar tetap mendapatkan fasilitas pendidikan hingga selesai pendidikan menengah. Fasilitas pendidikan yang dimaksud adalah jalur formal SD sampai SMA/SMK, jalur non formal paket A sampai paket C, kemudian jalur pendidikan khusus.

Program program tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah dan dapat membawa kembali anak-anak yang sudah putus sekolah agar dapat melanjutkan  pendidikan kembali.

PIP juga diharapkan dapat membantu meringankan biaya pendidikan tiap peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak semua kalangan bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti Program Indonesia Pintar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: