Setrika Arang, Alat Merapikan Pakaian yang Hits pada Masanya

Setrika Arang, Alat Merapikan Pakaian yang Hits pada Masanya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dengan terus majunya teknologi dan berjalannya waktu, setrika arang semakin sulit ditemui hingga menjadi salah satu barang langka. 

Namun, setrika arang yang sudah langka itu saat ini masih bisa kita temukan di kios penjual barang antik.

Dalam sejarah sebelum masyarakat mengenal listrik Setrika berbahan bakar ini sama fungsinya seperti setrika modern saat ini, yakni untuk merapikan pakaian. 

Dalam sejarahnya setrika arang pertama dikenal di Yunani pada tahun 400 SM berfungsi untuk membuat lipatan-lipatan vertikal pada pakaian kebesaran yang akan digunakan untuk upacara. 

BACA JUGA:Sejarah Idul Adha atau Lebaran Haji

Adapun tampak dari Setrika Arang ini yakni terbuat dari bahan dasar besi yang merupakan bahan penghantar panas. Ditambah dengan pegangan di atasnya terbuat dari kayu guna menghambat panas. 

Sesuai dengan sebutannya alat ini menggunakan bahan bakar arang kayu guna memanaskan bagian bawahnya sehingga menghasilkan panas. 

Nah dari panas tersebut digunakan untuk merapikan kusutan-kusutan pada pakayan. 

Saat mengoperasikan Setrika Arang sederhana ini tidak ada alat untuk mengatur suhunya. 

BACA JUGA:Kesesatan Terbongkar, Satu Persatu Santri Tinggalkan Ponpes Al Zaytun

Jika suhu terlalu panas biasanya orang dahulu menggunakan daun pisang yang masih segar untuk memindahkan panas ke lembaran daun pisang tersebut sehingga setrika tidak merusak pakaian. 

Dengan kurangnya praktis alat ini perlahan mulai tenggelam seiring datangnya alat setrika yang sangat simpel menggunakan daya api listrik dan suhu bisa diatur sesuai dengan keinginan pemakainya.

Namun jika anda masih ingin memiliki dan membeli Setrika Arang untuk bahan koleksi di rumah bisa datang ke kios atau toko barang antik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: