Harganya Fantastis, Tiga Koin Langka Ini Benar-benar Mengandung Emas

Harganya Fantastis, Tiga Koin Langka Ini Benar-benar Mengandung Emas

Uang koin yang mengandung 95,83 % emas yang dikeluarkan Bank Indonesia untuk memperingati 45 tahun kemerdekaan Indonesia--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berbagai jenis uang koin lama edisi khusus pernah beredar di Indonesia. Selain memiliki nilai jual yang tinggi, uang koin lama ini juga dihargai karena keunikannya, terutama bagi para kolektor uang kuno. 

Beberapa uang koin lama bahkan dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk memperingati peristiwa sejarah di Indonesia.

Salah satu contohnya adalah tiga uang koin khusus yang dikeluarkan untuk memperingati 45 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1990.

Ketiga uang koin ini sangat langka dan memiliki harga fantastis, terutama karena terbuat dari emas dengan kadar 95,83% dan hanya dicetak sekitar 3000 keping saja.

BACA JUGA:3 Tugas Malaikat Israfil Selain Meniup Terompet Sangkakala Sebelum Hari Kiamat

Yang pertama adalah uang koin pecahan 125.000 rupiah. Uang koin ini memiliki gambar Lambang Negara Burung Garuda, tahun penerbitan '1990', dan tulisan Bank Indonesia di bagian depannya. 

Sedangkan di bagian belakang, terdapat gambar Gedung Joeang 45 dan tulisan nominal Rp125.000. Harga jualnya bisa mencapai Rp8 juta hingga Rp10 juta.

Yang kedua adalah uang koin nominal 250.000 rupiah. Uang koin lama ini memiliki gambar peta Indonesia dan tulisan "1945-1990". 

Beratnya sekitar 17 gram dengan diameter 25 mm. Saat ini, harga jualnya mencapai Rp50 juta untuk satu keping.

BACA JUGA:Huru Hara Akhir Zaman, Ketika Nabi Isa Membunuh Dajjal Penyebar Fitnah

Yang ketiga adalah uang koin pecahan 750.000 rupiah. Uang koin ini memiliki berat sekitar 45 gram dengan diameter 35 mm dan bergambar Burung Garuda di bagian depan serta logo Dewan Harian Nasional Angkatan '45 di bagian belakangnya.

Uang koin lama ini sangat langka dan diincar oleh para kolektor uang kuno karena harga emasnya sudah mencapai Rp46 juta. 

Jika dihitung kembali, saat ini harga jualnya bisa mencapai Rp50 juta hingga Rp100 juta lebih hanya untuk satu kepingnya.

Itulah tiga uang koin lama edisi khusus yang dikeluarkan untuk memperingati 45 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1990 yang memiliki harga fantastis dan diincar oleh para kolektor uang kuno. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: