Komunitas AGK Kibarkan Pataka Pesbar di Gunung Pugung

Komunitas AGK Kibarkan Pataka Pesbar di Gunung Pugung

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Komunitas Pecinta Alam Anak Gunung Krui (AGK), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan kegiatan pendakian gunung pugung sekaligus pengibaran Pataka Pesisir Barat via Pekon Gedau-Atar Daim Senin (1/5) kemarin.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 10 Kabupaten Pesisir Barat yang jatuh pada Sabtu (22/4) lalu.

 

Ketua Tim Ekspedisi, Rio Nico Fernandi Ahra mengatakan, kegiatan pendakian gunung pugung tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan, sekaligus membuka akses pendakian menuju gunung satu-satunya di Kabupaten Pesbar.

“Kegiatan pendakian sekali pengibaran pataka di puncak gunung pugung dilaksanakan untuk memperingati HUT ke 10 Kabupaten Pesbar, apalagi pendakian ini merupakan yang pertama kita lakukan,” kata dia.

 

Dijelaskannya, gunung pugung memiliki ketinggian 1964 meter diatas permukaan laut (mdpl), gunung tersebut berada di wilayah Kecamatan Pesisir Utara dan merupakan dataran paling tinggi di wilayah Kabupaten Pesbar.

“Belum banyak yang datang mendaki gunung tersebut, hal tersebut terlihat dengan padatnya vegetasi hutan pegunungan tropis yang merupakan ciri khas dari hutan di pulau sumatera,” jelasnya.

 

Ditambahkannya, kegiatan itu sebagai salah satu wujud rasa syukur dan bahagia terhadap momen perayaan peringatan HUT Kab Pesisir Barat, serta harapan agar masyarakat khususnya para generasi muda lebih dapat memiliki peran dalam hal menjaga pelestarian lingkungan alam sekitarnya.

“Tim ekspedisi pengibaran Pataka Pesbar juga yakin bahwa Kabupaten Pesbar di usia yang relatif masih muda ini, akan menjadi daerah unggulan yang menyediakan berbagai destinasi wisata alam yang ramah lingkungan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: