Anggota DPRD Dapil I Hadiri Musrenbang Kecamatan Pringsewu

Anggota DPRD Dapil I Hadiri Musrenbang Kecamatan Pringsewu

Pj Bupati Pringsewu Adi erlansyah buka Musrembang Kecamatan Pringsewu -foto Humas-

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Anggota DPRD Pringsewu dari Dapil I diantaranya Ir. Joni Sapuan, Sudiono, S.Kom., Asa Athorida El-Hakim, SE, MM., Bambang S. Irianto, ST dan Leswanda Putra menghadiri menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Pringsewu.

Musrenbang yang digelar di Kantor Kecamatan Pringsewu pada Rabu (15/02/23) itu juga dihadiri Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah bersama sejumlah pejabat pemkab setempat.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menekankan 6 prioritas pembangunan yang tertuang dalam Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pringsewu Tahun 2024.

Diantaranya meliputi Peningkatan Ketahanan Perekonomian Daerah, Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia, Penurunan Kemiskinan Ekstrim dan Stunting, Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan, Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, serta Peningkatan Ketertiban, Kenyamanan dan Mitigasi Bencana.

Oleh sebab itu, Adi Erlansyah berpesan agar dalam penyelarasan rencana kegiatan prioritas tingkat kecamatan juga mengacu pada prioritas dan sasaran rencana pembangunan di tingkat kabupaten. 

“Apabila tidak selaras dengan prioritas pembangunan kabupaten, maka daftar pilihannya tidak dapat diakomodir melalui Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah atau SIPD,” katanya.

Berikutnya, Pj. Bupati Pringsewu mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Kecamatan merupakan pelaksanaan ketentuan Pasal 98 Ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa 'Camat melaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan.

Sementara itu, Camat Pringsewu Moudy Ary Nazolla, S.STP., MH., mengatakan, Musrenbang Kecamatan ini merupakan rangkaian musyawarah yang ketiga, yang sudah diawali dengan musyawarah pembangunan mulai dari tingkat Dusun dan Lingkungan, kemudian tingkat Pekon dan Kelurahan serta tingkat Kecamatan Pringsewu.

“Program usul-usulan yang kami sampaikan memang harus memiliki kebersamaan dengan kecamatan lain, karena nanti akan dinilai prioritas program mana yang akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Pihaknya meyakini warga di kecamatan lain akan ikut bangga jika program prioritas itu memang dikhususkan untuk membangun wajah ibu kota Kabupaten Pringsewu. 

"Kami yakin saudara-saudara kami di kecamatan-kecamatan lainnya juga akan bangga kalau jalan di Kecamatan Pringsewu semuanya mulus, karena merupakan wajah ibu kota Kabupaten Pringsewu," ujarnya.

Selanjutnya, Unsur pimpinan kecamatan (Uspika) dan Kepala Puskesmas Pringsewu dan Rejosari, Koordinator penyuluh Pertanian dan KB, para Lurah serta Kapekon, akademisi dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh wanita se-Kecamatan Pringsewu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: