Masa Depan Dunia Ada di Kehutanan?

Masa Depan Dunia Ada di Kehutanan?

Sumber : goodnewsfromindonesia.id--

Kita yang hidup di masa ini pasti membayangkan bagaimana dunia ini dan apa yang akan terjadi. Bukankah hal ini menjadi misteri bagi kita?

Hutan merupakan suatu area yang ditutupi oleh berbagai vegetasi yang dominan berupa pohon dan juga memiliki lingkungan yang khas, termasuk ekosistem yang kompleks dan beragam. 

Hutan dapat kita temukan di seluruh penjuru dunia, mulai dari hutan tropis, hutan hujan, hutan gugur, hutan boreal, hutan pegunungan, hingga hutan gurun. 

Namun, dewasa ini kita sering sekali mendengar sebuah permasalahan mulai dari deforestasi, degradasi hutan, perubahan iklim, kerusakan ekosistem, dan hilangnya keragaman hayati. 

Dengan permasalahan yang ada akankah dunia mengalami sebuah peristiwa alam yang begitu hebat. 

Menurut laporan global Forest Resources Assessment (FRA) yang diterbitkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada tahun 2020, diperkirakan bahwa selama periode 1990 sampai dengan pada tahun 2020, Luas hutan dunia terus mengalami penurunan sebesar 178 juta hektar atau sekitar 10% dari luas hutan dunia pada tahun 1990. 

Penurunan yang sangat signifikan ini akan memiliki konsekuensi yang serius terhadap ekosistem global, keanekaragaman hayati, siklus air, serta kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat yang bergantung pada sektor hutan. 

Dengan adanya ini masa depan kehutanan dunia akan menghadapi tantangan yang besar. 

Masyarakat dunia yang begitu bergantung pada sektor ini akan mengalami perubahan baik dari segi Kesehatan, kegiatan, pola hidup yang kurang baik, akankah kita tetap merusak hutan alam yang indah ini? 

Demi menjaga dunia ini dari kerusakan bahkan kehancuran yang begitu besar perlu adanya kesadaran diri kita masing-masing untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta hutan alam yang ada disekitar kita. 

Dengan melakukan pengelolaan hutan berbasis keberlanjutan yang melibatkan pengelolaan terfokus pada aspek ekologis, sosial, dan ekonomi. 

Hal ini melibatkan pengelolaan yang berorientasi pada jangka Panjang, menjaga keragaman hayati, mengurangi penebangan liar, menerapkan praktik kehutanan yang berkelanjutan, serta menghormati hak-hak masyarakat lokal dalam pengelolaan hutan.

Mari Bersama kita menjaga dan melestarikan demi keberlangsungan bumi kita tercinta. Masa depan bumi ada di tangan kita sebagai anak pertiwi penerus bangsa. 

Apa yang kita lakukan saat ini itulah yang akan kita rasakan di masa yang akan datang. Apa yang kita berikan itulah yang akan terima. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: