Dua Jam Bersama Ketum DPP PJS di Batam

Dua Jam Bersama Ketum DPP PJS di Batam

--

Oleh: Gusmanedy & Remhot Jebril 

 

KEHADIRAN Ketua Umum di Kota Batam memberikan motivasi sendiri bagi kami yang bertemu dalam durasi yang cukup singkat saat berada di Bandara Hang Nadim Batam, Jumat, 17 Maret 2023.

Mahmud Marhaba demikian nama lengkap Ketum DPP PJS itu akan melakukan roadshow ke tiga daerah di daratan Sumatera dalam rangka menghadiri Musda dan Pelantikan DPD PJS Sumsel, Lampung dan Bangka Belitung.

Tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini. Ketum Mahmud harus berada sekitar 2 jam transit di Bandara kebanggaan warga Kepri. 

Sambil menikmati kopi pahit dan beberapa batang rokok di kawasan Bandara, kami banyak bertukar pikiran soal perkembangan organisasi khususnya PJS yang pada bulan Mei akan merayakan HUT I nya di wilayah Timur Indonesia.

Mahmud yang merupakan ahli pers dari Dewan Pers mengupas soal pemberitaan dari berbagai media siber di lingkungan PJS. 

Ini berawal ketika Sekretaris DPC PJS Kota Batam, Remhot Jebril menanyakan soal rilis yang masuk ke ruang redaksi yang isinya menuding miring pihak lain. 

Tanya Remhot, apakah ini bisa naik tanpa harus melakukan konfirmasi kepada pihak yang dituding meskipun rilis itu berasal dari badan resmi seperti LBH atau dari LSM yang memiliki badan hukum. 

Ketum PJS dengan tegas mengatakan jika kasus ini wajib dikonfirmasi kepada pihak yang merasa diserang atau dituding. 

Menurutnya, tidak ada alasan untuk tidak meminta konfirmasi sebagai bentuk hak jawab atas tudingan dari pihak lain. 

"Itulah namanya cek and balance dari sebuah berita sehingga berita yang dinaikan cover both side sehingga berimbang. Artinya jurnalis itu memiliki itikad baik dalam menjalankan profesi jurnalis yang mencerminkan profesionalitas kita dalam menjalankan tugas yang mulia ini," ungkap Mahmud.

Fungsi kontrol sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: