Ini Lima Prioritas Pembangunan di Lambar

Ini Lima Prioritas Pembangunan di Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2024 di Kabupaten Lambar mengangkat tema “Transformasi Ekonomi dan Nilai Tambah Produk Unggulan Menuju Masyarakat Yang Sejahtera" dengan lima prioritas pembangunan daerah. 

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar pada saat Musrenbang tingkat Kabupaten tahun 2023 yang digelar di Lamban Pancasila, Kamis (16/3/2023)

Agustanto menjelaskan, adapun lima prioritas Pembangunan Daerah Lampung Barat tersebut yaitu meningkatkan nilai tambah produk unggulan dan sektor pariwisata, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, memantapkan kualitas Infrastruktur yang berwawasan lingkungan serta mitigasi bencana. 

BACA JUGA:Bakesbangpol Lambar Gelar Seleksi Calon Paskibraka

Kemudian reformasi birokrasi dan kehidupan masyarakat yang religius, aman dan berbudaya.

Masih kata dia, dalam rangka implementasi e-Musrenbang (proses perencanaan) dengan penganggaran (e-budgeting), maka Kabupaten Lampung Barat telah melaksanakan proses tersebut melalui Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang di supervisi oleh Tim Koordinasi, supervisi dan pencegahan korupsi KPK RI berdasarkan input data usulan musrenbang kecamatan sebanyak 1.721 usulan. 

Dimana jumlah usulan kecamatan terbanyak ditujukan untuk urusan Pekerjaan Umum yaitu 766 usulan, 317 urusan Pendidikan, 183 urusan Perkebunan dan Peternakan, 110 urusan Tanaman Pangan dan Hortikultura, 100 urusan Lingkungan Hidup.

BACA JUGA:Pelaku Curanmor Bobol Pintu Garasi Besi Warga Pekon Tambak Jaya

Selanjutnya, 72 urusan Kesehatan, 52 urusan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, 51 urusan Perikanan, 35 urusan Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, 12 urusan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 10 urusan Sosial, 8 urusan Kependudukan dan Catatan Sipil, 4 Urusan Perhubungan, 1 urusan Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sekadar diketahui, Musrenbang RKPD Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Lampung Barat merupakan kelanjutan dari proses penjaringan aspirasi masyarakat yang telah dilaksanakan dimulai dari Musrenbang Pekon pada bulan Januari 2023, Musrenbang Kecamatan pada tanggal 1-15 Februari 2023 di 15 Kecamatan, Konsultasi Publik tanggal 16 Februari 2023, forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Tahun 2024 pada hari Rabu-Kamis (8-9/3), dengan melibatkan Seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: