Gempa M 5.3 Kaur, Terasa Kuat di Pesisir Barat

Gempa M 5.3 Kaur, Terasa Kuat di Pesisir Barat

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gempa bumi tektonik berkekuatan (Magnitudo) 5,3 Skala Richter  pada Sabtu (14/1/2023) pukul 05.41 WIB, di Kaur Bengkulu, terasa kuat hingga wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Provinsi Lampung.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa, gempa bumi berkekuatan M 5,3 itu berada pada koordinat episenter 5.14 Lintang Selatan (LS) dan 102.99  Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 Kilometer Barat Daya Kaur, Bengkulu, pada kedalaman 18 Kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG bahwa ditinjau dari kedalaman hiposentrumnya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi pergerakan Lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah di Kabupaten Pesbar diimbau agar tetap tenang karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

BACA JUGA:Lakalantas di Jalinbar, Pengemudi R2 Luka Berat

Lanjutnya, meski gempa bumi cukup dirasakan di Kabupaten Pesbar, namun hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa bumi tersebut. 

Ia berharap gempa tersebut tidak berdampak di Kabupaten Pesbar.

"Kita berharap masyarakat tetap tenang dan waspada, salah satunya terhadap potensi gempa bumi yang mungkin sewaktu-waktu kembali terjadi di Pesbar," pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: