Dugaan Kecurangan Pemilihan Ketua RT, Ini Pengakuan Kepala Lingkungan

Dugaan Kecurangan Pemilihan Ketua RT, Ini Pengakuan Kepala Lingkungan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dugaan kecurangan terkait jumlah Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pada Pemilihan Ketua RT 06 Sawahlama, Kecamatan Tanjungkarang Timur (TkT), Bandar Lampung yang digelar 1 Januari 2023, ditanggapi Kepala Lingkungan (Kaling) 1, Sawahlama, Iwan.

Kepada medialampung.co.id Iwan mengatakan, jumlah DPT RT 06 ada 44 suara bukan 43, dan ada penambahan 2 orang usulan dari pihak calon sehingga menjadi 46 suara.

Pihaknya mengaku telah menjalankan proses pemilihan Ketua RT 06 Lingkungan 1 Kelurahan Sawahlama dengan sebaik mungkin.

"Iya, pemilihan ketua RT bisa berjalan karena dari peserta tidak ada sanggahan begitu juga dengan para saksi. Kemudian pemilihan berjalan. Karena sudah tidak ada sanggahan dari para calon dan saksi, saya anggap pemilihan sudah layak dilaksanakan," terangnya.

BACA JUGA:Ceres Swasta

Tambah dia, sebelum melaksanakan pemilihan, kepada semua peserta calon diberikan kesempatan untuk merevisi dari 44 DPT tersebut. 

"Kemudian ada satu calon mengusulkan 2 orang lagi. Setelah dilakukan pemeriksaan (pengecekan) dan dianggap layak, maka langsung dibagikan surat undangan kepada semua calon pemilih," kata dia.

Kemudian setelah selesai pemilihan dan diketahui peringkat 1, 2, 3, dan 4 lalu berita penandatanganan berita acara oleh para saksi.

Selesai penghitungan lalu ditulis dan sudah ditandatangani sama panitia juga para saksi dan tidak ada komplain semuanya sudah selesai tinggal menunggu SK, sedang dalam proses.

"Jadi kalau seandainya peserta yang kalah akan melakukan gugatan silahkan ajalah saya tidak akan menghindar dari tanggung jawab," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: