Stok Alkon di Lambar Menipis

Stok Alkon di Lambar Menipis

Ilustrasi alat kontrasepsi-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Stok alat kontrasepsi (Alkon) di Kabupaten Lambar menipis. Bahkan, stok yang ada saat ini merupakan stok sisa tahun 2022 lalu.

“Stok alat kontrasepsi yang ada saat ini merupakan stok tahun lalu. Kalau untuk tahun ini kita masih menunggu pengiriman dari provinsi,” kata Kabid KB dan KS Heli Puspitawati, S.E mendampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) M Danang Harisuseno, S.Ag, M.H, Selasa (10/1/2023).

Kata dia, adapun stok Alkon yang ada yaitu IUD Cooper T 281 buah, pil KB I kombinasi (siklus) 35, pil KB mini/pil KB menyusui (siklus) dua, serta kondom 65 gros. 

“Kalau untuk suntik KB dan implant stoknya kosong. Minat masyarakat cukup tinggi menggunakan Alkon implant,” kata dia. 

BACA JUGA:APBD Lambar Tahun 2022 Terserap Rp1,081 Triliun

Lanjut dia, banyaknya masyarakat yang menggunakan Alkon implant dikarenakan MKJP (metode kontrasepsi jangka panjang) yaitu waktunya 3-5 tahun sehingga tidak harus setiap hari KB seperti pil dan tiap bulan seperti suntik. 

“Selain itu aman untuk tubuh,” kata dia. 

Terkait stok alkon ini, kata dia, telah ada penjadwalan pengiriman alkon dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung.

“Kita tinggal menunggu pengiriman Alkon dari BKKBN Provinsi Lampung,” tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: