Pekon Sukapura Gelar Musrenbang Usulan 2023

Pekon Sukapura Gelar Musrenbang Usulan 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Selasa (10/1) jadi giliran pekon Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan agenda tahunan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) usulan 2023 realisasi 2024 melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten, APBD provinsi dan APBN.

Pada acara itu dihadiri Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Sumberjaya, yang dikomandoi langsung Camat Agus Hadi Purnama, S.Ip., kantor, dinas instansi, Lembaga Himpun Pekon, Aparatur Pekon, anggota, TP PKK, Karang Taruna, LPMP, Seluruh Kepala Sekolah Se-Pekon Sukapura, KKN UNILA Pekon Sukapura, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama. 

Pada kegiatan kali ini juga disandingkan dengan rembuk stunting, sehingga kegiatan berlangsung cukup padat dengan peserta yang banyak dari berbagai unsur masyarakat dan pemerintahan.

Dalam sambutannya Camat Agus HP, mengapresiasi keterlibatan semua pihak pekon dalam musrenbang tersebut, hal itu menjadi bukti tingginya peran serta warga dalam kebersamaan membangun pekon baik secara SDM maupun SDA.

BACA JUGA:Tingkatkan Keamanan Lingkungan, Bhabinkamtibmas Polsek Balikbukit Cek Pos Ronda

Pihaknya menegaskan tujuan dilaksanakan Musrenbang adalah pembahasan dan penyelamatan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan penyepakatan daftar prioritas usulan kegiatan pembangunan pekon tahun berikutnya yang akan diusulkan melalui Musrenbang kecamatan.

"Musrenbang adalah forum musyawarah perencanaan pembangunan desa yang dilaksanakan setiap tahun untuk membahas,mengkaji, menentukan dan menyepakati Rencana Kerja Pembangunan tahun anggaran yang direncanakan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (Stakeholder) dari bawah ke atas," tegasnya.

Pihaknya juga menyebutkan dalam Musrenbang seluruh masyarakat pekon mendapatkan ruang untuk menyampaikan aspirasi dan mengusulkan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan. Inilah yang disebut dengan musyawarah desa yang ideal.

Sementara sambutannya Peratin Setiawati menjelaskan Musrenbang merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana pembangunan Jangka Menengah (RPJM), dalam rangka menghimpun Daftar usulan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024.

BACA JUGA:Program Ambulan Gratis Tugu Adipura Disebut Banyak Membantu Warga

Ia paparkan arah kebijakan pemerintah pekon daripada pembangunan pekon untuk menjawab usulan juga aspirasi masyarakat sebelum pengambilan kebijakan pembangunan untuk tahun 2024.

Arah kebijakan pembangunan yang dimaksud, pertama peningkatan pemerataan pembangunan sarana dan prasarana dasar. Kedua fasilitas program pembangunan di wilayah pemukiman. 

Disebutkannya prioritas anggaran pembangunan. Pertama pembangunan di wilayah Pekon Sukapura, kedua mendukung prioritas pembangunan nasional seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), Program Ketahanan Pangan meliputi bidang nabati dan hewani.

Kemudian penanggulangan kemiskinan ekstrim, pencegahan dan penanggulangan stunting, pendataan SDGs desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: