Lampung Terima Penghargaan IGA Kategori Provinsi Sangat Inovatif

Lampung Terima Penghargaan IGA Kategori Provinsi Sangat Inovatif

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menerima penghargaan Innovative Government Awards (IGA) dengan kategori Provinsi Sangat Inovatif dalam Acara Penganugerahan Innovative Government Awards (IGA) bertempat di Gedung C Lantai III Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jumat (23/12).

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Kusnardi, M.Agr. dalam hal ini menerima trofi yang diserahkan oleh Asisten Deputi Bidang Koordinasi Desentralisasi dan Otonomi Daerah Kemenko Polhukam Syamsuddin sebagai anggota Tim Penilai IGA Tahun 2022. 

Dalam Sambutannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan dan  berharap bahwa acara ini dapat menjadi evaluasi.

"Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo yang telah berinisiatif melaksanakan acara ini, saya berharap acara ini tidak hanya sekedar ritual tahunan pemberian penghargaan inovasi kepada pemerintah daerah, momentum ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk berkontemplasi, merenungkan dan melakukan evaluasi dari manfaat kita melakukan inovasi," harapnya.

BACA JUGA:Hingga Akhir 2022, 570 POM Listrik PLN Siap Melayani Masyarakat di Indonesia

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo sebagai Penyelenggara IGA Tahun 2022 memaparkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini. 

"Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 November 2022 sampai dengan 7 Desember 2022 dan bertujuan untuk melakukan pengecekan kesesuaian presentasi kepala daerah dengan kondisi yang ada di lapangan terkait penerapan inovasi unggulan baik digital maupun non digital yang dilakukan," ujarnya. 

Penganugerahan Innovative Government Awards atau IGA merupakan acara puncak dari kegiatan pelaporan Indeks Inovasi Daerah (IID) yang diselenggarakan setiap tahun. 

Terdapat lima kategori peserta yang mendapat Anugerah IGA Tahun 2022, yaitu Provinsi Terinovatif, Kabupaten Terinovatif, Kota Terinovatif, Daerah Perbatasan Terinovatif dan Daerah Tertinggal Terinovatif.

BACA JUGA:Pengamanan Nataru, Polda Lampung Tambah 255 Personel Backup Ops Lilin Krakatau

Selama tahun 2022, Pemerintah Provinsi Lampung berpartisipasi dalam pelaporan Indeks inovasi Daerah, dengan menyampaikan 149 kegiatan inovatif yang dilaksanakan oleh seluruh Perangkat Daerah. 

Dengan inovasi yang dilaporkan tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung berhasil meraih kategori Provinsi Sangat Inovatif. 

Posisi ini memperbaiki hasil pada tahun 2021 dimana Provinsi Lampung berada pada posisi 15 dengan kategori Provinsi Inovatif melalui 115 kegiatan inovatif.

Selain Pemerintah Provinsi Lampung, terdapat tiga Kabupaten di Provinsi Lampung yang juga berhasil meraih penghargaan dalam IGA Award Tahun 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: