Pemkab Lambar Gelar Sosialisasi Pengembangan Geopark Suoh

Pemkab Lambar Gelar Sosialisasi Pengembangan Geopark Suoh

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar menggelar sosialisasi pengembangan geopark Suoh di Kebun Raya Liwa,  Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balikbukit, Kamis (22/12/2022).

Acara yang mengangkat tema “Percepatan Pengembangan Geopark Suoh Untuk Konservasi Kesejahteraan Rakyat Dan Pengembangan Berkelanjutan" tersebut dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, S.E, M.P. 

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah, Camat, perwakilan masyarakat Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS), Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS). Serta dihadiri pemateri Direktur Geologi Pertambangan dan Panas Bumi Bappenas Republik Indonesia (RI) Dr. Togu Pardate, Koordinator Geosains Badan Geologi Nasional Dr. Asep Kurnia Permana, Ketua Ahli Biologi Wilayah Jawa Barat dan Banten Dr. Ir. Dicki Muslim, serta Ketua Masyarakat Geowisata Indonesia Dr. Heriyadi Rahmad 

Ketua Tim Pengembangan Percepatan Geopark Suoh Wasisno Sembiring mengungkapkan, sosialisasi geopark merupakan program strategis nasional, oleh karena itu dirinya meminta agar kegiatan tersebut disukseskan. 

BACA JUGA:Pekon Kubulikujaya Tuntaskan Penyaluran BLT-DD Tahun 2022

Karena menurutnya, kegiatan pengembangan geopark tersebut merupakan hal luar biasa, karena sejauh ini di Provinsi Lampung hanya dimiliki Lambar. 

Wasisno berharap pada kegiatan sosialisasi pengembangan geopark Suoh kali ini memiliki persepsi yang sama, sebab, tujuan dari mengembangkan geopark tersebut salah satunya adalah untuk mensejahterakan masyarakat. 

"Bukan hanya sekedar untuk mengembangkan geopark saja. Kalau geopark ini berkembang nanti intervensi yang pertama adalah masyarakat," kata dia. 

Masih kata dia, rencana awal geopark Suoh tersebut di tahun 2023 semestinya sudah ditetapkan. 

BACA JUGA:Tingkatkan Kesiapsiagaan Jelang Nataru, Forkopimda Lambar Gelar Rakor

"Tetapi karena dulu posisinya masih terdapat perbedaan persepsi sehingga baru dilakukan kegiatan sosialisasi pada hari ini," kata dia.

Sementara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Paijo, S.K.M.,M.Kes., menjelaskan, geopark adalah taman bumi yang merupakan warisan dari Allah SWT, di Lampung Barat sendiri terdapat danau, keramikan, dan kawah nirwana. 

"Pengembangan geopark di Lambar rencananya lokasi berada di kaldera kompek Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh. Nantinya setelah geopark ini sudah jadi salah satu fungsinya  adalah untuk pariwisata, dan selain itu bertujuan menggali potensi geopark yang ada di Lambar," tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: