Sumringah, Emak-Emak di Pekon Mutaralam Panen Terong Hasil Program Ketahanan Pangan

Sumringah, Emak-Emak di Pekon Mutaralam Panen Terong Hasil Program Ketahanan Pangan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tampak semangat dan penuh rasa gembira, para ibu-ibu warga Pekon Mutaralam, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) saat memanen tanaman terong hasil dari program Ketahanan Pangan yang berada di lahan demplot samping balai pekon setempat Rabu (14/12).

Terlihat para ibu-ibu antusias memetik buah terong ungu berukuran besar untuk dijual kepada agen pengepul setempat.

Ibu Kasmiati, salah satu pengelola demplot ketahanan pangan tersebut mengungkapkan rasa gembiranya, karena usaha pemeliharaan lahan yang dilakukan selama ini bersama rekan-rekannya dibawah binaan Ketua PKK Pekon Mutaralam Ruliyana telah menunjukkan hasil dengan pemanenan dengan buah yang lebat, besar dan segar. 

"Hasil dari panen ini, selain kita kumpulkan untuk persiapan penanaman berikutnya, juga akan dibagi-bagikan kepada anggota," ungkapnya.

BACA JUGA:Peringatan HDI dan HKSN, Pemprov Lampung Beri Bantuan Penyandang Disabilitas di Pringsewu

Dimana saat ini harga jual terong ungu tersebut Rp3.500 per kilogram. Dimana meski masih mengalami penurunan harga para ibu-ibu tetap merasa puas karena buah tanaman yang lebat. 

Sementara Kasi Pemberdayaan Nely mendampingi Peratin Sutro Hamid mengatakan, kegiatan ketahanan pangan tersebut merupakan wujud nyata anjuran pemerintah tentang pemanfaatan Dana Desa. 

Dimana melalui program tersebut lahan-lahan yang selama ini hanya jadi lahan tidur seperti pekarangan rumah maupun tanah yang sebelumnya tidak dikelola dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan tanaman sayur-sayuran. 

Di tempat lain Ketua PKK Ruliyana menambahkan, berkat semangat yang tinggi para ibu-ibu rumah tangga seperti tergabung di kader PKK, di bidang ketahanan pangan terus memperluas demplot, dan dengan begitu pihak pekon tentunya akan memberikan dukungan sepenuhnya. 

BACA JUGA:Camat Gedungsurian: Musrebang Pekon Trimulyo Berjalan Ideal

"Harapan saya selaku ibu peratin, semangat kader-kader terus terjaga dan semua lahan seperti pekarangan dapat dimanfaatkan, setidaknya untuk mengurangi ketergantungan kebutuhan dapur beli di pasar," ungkapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: