Tahun Ini, Angka Kemiskinan di Lambar Mengalami Penurunan

Tahun Ini, Angka Kemiskinan di Lambar Mengalami Penurunan

Kepala Bappeda Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Angka kemiskinan di Kabupaten Lambar tahun ini menurun dibandingkan tahun 2021, dimana pada tahun 2021 mencapai 12,82% atau 39,36 ribu jiwa namun tahun ini menurun 1,11% sehingga menjadi 11,71% atau 36,20 ribu jiwa. 

Penurunan ini tidak terlepas dari upaya keras Pemerintah Kabupaten Lampung Barat di bawah komando Bupati Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin. 

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Kamis (1/12/2022).

Menurut dia, upaya penurunan kemiskinan ditempuh duet Parosil dan Mad Hasnurin melalui program-program yang berkenaan dengan peningkatan pendapatan masyarakat melalui program bidang ekonomi pada sektor pertanian secara umum, dan pemberdayaan peranan UMKM seperti Beli Beli Produk UMKM dan bantuan-bantuan kepada petani, kelompok tani, pokmas dan UMKM itu sendiri.

BACA JUGA:Empat Saksi Dihadirkan dalam Sidang Lanjutan Perkara Korupsi Jembatan Way Batu

“Di sisi lain langkah yang ditempuh  adalah dengan upaya mengurangi beban pengeluaran masyarakat dengan memberikan bantuan sosial melalui Dinas Sosial. Dan yang tidak kalah penting juga bagaimana mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan melalui program pangan mandiri,” kata dia.

Langkah selanjutnya, kata Agustanto, adalah dengan mengefektifkan kinerja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) melalui koordinasi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan di kabupaten maupun provinsi, termasuk memanfaatkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Pemerintah daerah juga telah menyusun Rencana Penanggulangan Kemiskinan Daerah (RPKD) dan aplikasi Si PAKIS Hebat dalam bentuk peraturan bupati,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: