Lima Sekolah di Lambar Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

Lima Sekolah di Lambar Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Masyarakat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) patut berbangga. 

Pasalnya, lima sekolah yang ada di kabupaten ini yaitu SDN 3 Way Mengaku Kecamatan Balikbukit, SDN 1 Purajaya Kecamatan Kebun Tebu, MIN 2 Lampung Barat, MIN 3 Lampung Barat serta SMPN 1 Air Hitam Kecamatan Air Hitam meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional tahun 2022.

Penghargaan bergengsi tingkat nasional tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong kepada lima kepala sekolah dari Lampung Barat bersamaan dengan acara Talkshow Success Story Inovasi Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) di Sekolah Adiwiyata 

Acara tersebut diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Kota Jakarta Pusat-DKI Jakarta, Kamis (1/12/2022)

BACA JUGA:KPU Lamtim Segera Gelar Tes Calon PPK

“Alhamdulillah lima sekolah di Kabupaten Lampung Barat tahun ini meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dari Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Barat merupakan satu-satunya kabupaten yang sekolahnya pada tahun 2022 menerima Adiwiyata Nasional,” ungkap Kabid Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (PPLH) Sukimin, S.I.P, M.M mendampingi Kepala DLH Henry Faisal, S.H, M.H, Kamis (1/12/2022)

Dijelaskannya, Sekolah Adiwiyata Nasional adalah sekolah yang telah mendapatkan predikat Adiwiyata Kabupaten dan Provinsi. Ada dua hal yang dinilai yaitu administrasi dan dokumen peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah yang meliputi pengelolaan sampah, kebersihan dan sanitasi lingkungan sekolah, konservasi air dan energi dan inovasi-inovasi yang dilaksanakan oleh masing-masing sekolah.

Lanjut dia, pada tahun 2022 Kabupaten Lampung Barat mengusulkan lima sekolah yaitu SDN 1 Purajaya Kecamatan Kebun Tebu, SDN 3 Way Mengaku Kecamatan Balikbukit, MIN 2 Lampung Barat, MIN 3 Lampung Barat dan SMPN 1 Air Hitam Kecamatan Air Hitam. 

“Kelima sekolah tersebut berdasarkan penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2022,” katanya.

Menurut dia, penghargaan ini diterima berkat kerja bersama dan pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan oleh Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Barat terhadap sekolah-sekolah di Lampung Barat. 

“Harapannya sekolah-sekolah yang sudah Adiwiyata khususnya nasional kedepannya bisa menjadi motivator dan ikut membina sekolah-sekolah lain sehingga akan semakin banyak lagi sekolah Adiwiyata di Lampung Barat yang juga nantinya diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang cinta dan peduli lingkungan hidup,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: