Adi Erlansyah Lantik Ketua Baznas Pringsewu Periode 2022-2027

Adi Erlansyah Lantik Ketua Baznas Pringsewu Periode 2022-2027

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala perangkat daerah di Kabupaten Pringsewu diharapkan dapat mengajak seluruh ASN Pemkab setempat guna menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS.

Hal ini juga sesuai Surat Edaran Gubernur Lampung No.045.2/080/2/2022 tentang Gerakan Cinta Zakat.

"Sebab, target besar BAZNAS Kabupaten Pringsewu adalah menghimpun zakat ASN di Kabupaten Pringsewu untuk umat di Kabupaten Pringsewu," harap Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat melantik Dr. Mahri Ibrahim sebagai ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pringsewu periode 2022-2027 di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (30/11/22). 

Mereka yang dilantik selain Ketua Dr.Ir.H.Mahri Ibrahim, M.Pd., Wakil Ketua I A.Rifa'i, S.Pd., M.Pd. dan Wakil Ketua II Oki Herawan, S.Ag.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Bahas Persiapan Penganugerahan KPB Award 2022

BAZNAS adalah lembaga resmi dan satu-satunya yang dibentuk pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No.8/2001, yang memiliki tugas dan fungsi untuk menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan shodaqoh. 

Seiring lahirnya Undang-undang No.23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang mengelola zakat secara nasional. 

"Dalam Undang-undang tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah non-struktural yang bersifat mandiri. BAZNAS juga merupakan instrumen penting untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat," katanya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Provinsi Lampung Dr.H.Iskandar Zulkarnain, M.H. pada pelantikan yang dihadiri anggota DPRD Pringsewu Sudiyono, Sekda Pringsewu Drs.H.Heri Iswahyudi, M.Ag., beserta jajaran pemerintah daerah, forkopimda, MUI, beserta para tokoh agama ini menyatakan BAZNAS bukanlah ormas atau LSM, melainkan lembaga pemerintah non-struktural. 

BACA JUGA:Sekdaprov Lampung Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia

Iskandar juga menyampaikan 3 hal terkait BAZNAS, yaitu Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI. 

"Saya berharap semoga BAZNAS Kabupaten Pringsewu dapat bersinergi dengan stakeholders," harapnya.

Sedangkan Ketua BAZNAS Kabupaten Pringsewu Dr.Ir.H.Mahri Ibrahim, M.Pd. mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mengemban amanah sebagai pimpinan BAZNAS. 

Pihaknya juga membutuhkan dukungan dari semua pihak, serta terbuka menerima kritik, saran dan masukan untuk kebaikan bersama. (sag/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: