Ini 6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Untuk Kesehatan

Ini 6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Untuk Kesehatan

Ilustrasi-freepik.com-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sarang lebah atau honeycomb kaya akan kandungan air dan gula. Selain itu, sarang ini juga tinggi karbohidrat dan antioksidan, serta mengandung sedikit protein, vitamin, dan mineral.

Madu yang terdapat pada honeycomb adalah Madu mentah. Madu mentah mengandung enzim glukosa dan antibakteri. Biasanya, enzim ini menghilang ketika Madu melewati berbagai proses pengolahan.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, mengkonsumsi sarang madu akan memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti :

1. Menjaga Kerusakan Sel tubuh 

Mengkonsumsi sarang madu dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Manfaat ini berkat tingginya kandungan antioksidan pada sarang madu yang mampu melawan radikal bebas.

2. Mencegah Infeksi Jamur dan Bakteri

Sifat antimikroba dan antibakteri pada sarang madu dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan kala ekstrak lilin lebah bisa membantu penyebab infeksi, seperti staphylococcus aureus, salmonella enterica, E. coli, dan Candida albicans.

3. Mencegah Kesehatan Jantung

Penelitian menyatakan bahwa madu, termasuk madu yang ada dalam di dalam sarang lebah, bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. 

Hal ini tentunya dapat berefek baik untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, komponen fenol yang ada di dalam madu juga memiliki efek antioksidan, vasodilator, anti iskemik, dan antitrombotik. 

Efek ini baik untuk mencegah sumbatan akibat pembekuan darah dan melancarkan aliran darah dari dan ke jantung.

4. Melindungi Liver

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: