Parosil Pastikan Kerusakan Fasilitas Umum Dampak Bencana Segera Diperbaiki

Parosil Pastikan Kerusakan Fasilitas Umum Dampak Bencana Segera Diperbaiki

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG – Dalam peninjauannya ke sejumlah wilayah terdampak bencana di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Bupati Parosil Mabsus memastikan kerusakan fasilitas umum yang terdampak bencana banjir maupun longsor akan segera diperbaiki.

Hal demikian disampaikan Parosil saat melakukan peninjauan bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin di sejumlah titik wilayah terdampak bencana lokasi putusnya jembatan penghubung Pagardewa-Sukamulya dan lokasi jalan amblas penghubung Pekon Buaynyerupa-Pekon Tapaksiring, Senin (14/11/2022).

Dalam peninjauan itu Parosil sempat menyalurkan sejumlah bantuan berupa sembako dan baju balita seraya menyambangi sejumlah warga untuk menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas musibah yang terjadi. Terkait penanganan pasca bencana parosil telah memerintahkan OPD terkait untuk cepat tanggap menangani sejumlah kerusakan yang terjadi. 

“Untuk kerusakan akibat bencana banjir ini sudah saya perintahkan kepada Dinas PUPR dan OPD terkait supaya segera ditangani. Namun perbaikan ini tidak dapat untuk langsung dilakukan, karena alat berat sedang dipergunakan untuk membantu perbaikan dampak bencana alam yang terjadi di jalan menuju Pesisir Barat,” kata dia.

BACA JUGA:Longsor, Banjir dan Pohon Tumbang Sudah Terjadi di 16 Titik Selama November

Namun, ia memastikan apabila alat berat tersebut telah selesai bekerja dipastikan segera diluncurkan untuk penanganan di wilayah sukau. “Setelah selesai kita pastikan segera diluncurkan kesini,” kata dia.

Disisi lain, dalam menangani bencana yang terjadi di lambar, Parosil menjelaskan perlu adanya sinergitas antara Pemkab Lambar dengan masyarakat. 

“Untuk itu pemeliharan pembangunan tidak bisa hanya di serahkan seutuhnya kepada Pemerintah saja, tapi masyarakat harus berpartisipasi dengan cara gotong royong seperti menjaga fungsi lingkungan,” pungkasnya.

Diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam hingga dini hari Minggu (12-13/11/2022) di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat menimbulkan bencana banjir hingga longsor yang di sejumlah kecamatan seperti di Kecamatan Sukau

BACA JUGA:Hari Ketiga Penggiringan, 18 Ekor Gajah Masih Enggan Menjauh

Kerusakan parah yang ditimbulkan salah satunya terjadi pada akses Jembatan menuju Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, yang putus akibat banjir pada dini hari Minggu (13/11/2022) sekitar pukul 04.00 WIB.

Putusnya jembatan pasca itu terjadi akibat hujan deras mengguyur wilayah setempat Sabtu malam (12/11) hingga Minggu pagi. Akibat kondisi itu kini ratusan warga di Pekon Sukamulya terisolasi.

Peratin Sukamulya Budi mengatakan, ambruknya jembatan tersebut terjadi akibat meluapnya Way Warkuk di tengah tingginya curah hujan yang melanda wilayah setempat pada Minggu (13/11 ).

“Akibat putusnya jembatan ini maka akses utama menuju Pekon Sukamulya lumpuh total dan warga yang ada di Pekon Sukamulya tidak bisa keluar atau masuk, memang ada jalan lain tapi kondisinya hanya dapat diakses sepeda motor itu pun masuk wilayah tetangga atau provinsi sumsel. Terkait kondisi ini sudah kami laporkan ke pemerintah kecamatan dan berharap agar segera ada upaya dari pemerintah daerah melalui OPD terkait,” harapnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: