Ini Lima Destinasi Wisata di Lambar yang Paling Ramai Dikunjungi

Ini Lima Destinasi Wisata di Lambar yang Paling Ramai Dikunjungi

Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Burlianto Eka Putra, S.H--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lampung Barat memiliki destinasi wisata terbaik dan menarik serta patut untuk dikunjungi  oleh wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Terdapat 39 objek wisata yang ada di kabupaten beguai jejama sai betik ini yang hampir setiap harinya didatangi oleh pengunjung lokal maupun dari luar daerah.

Berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) hingga Oktober tahun 2022 terdapat jutaan lebih wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Lambar.

Dari 39 destinasi wisata tersebut, terdapat lima destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi yaitu Kebun Raya Liwa dengan jumlah pengunjung mencapai 598.296 pengunjung, Destinasi Wisata Alam Rest Area di Kecamatan Sumberjaya 224.854 pengunjung, Wisata Alam Pohon Pinus (Pinus Ecopark)  194.502 pengunjung, Desa Wisata Kampung Kopi Rigis Jaya 124.604 pengunjung, serta Danau Ranau di Kecamatan Lumbokseminung 54.111 pengunjung.

BACA JUGA:Cek Pelayanan Publik, Wakapolres Lambar Tekankan Anggota Beri Pelayanan Terbaik

“Jumlah pengunjung destinasi wisata tersebut sesuai dengan data yang dilaporkan Pokdarwis kepada kami (Disporapar) setiap bulannya,” ungkap Plt. Kepala Disporapar Burlianto Eka Putra, S.H, kemarin.

Menurut dia, dari Januari hingga Oktober tahun 2022 jumlah pengunjung destinasi unggulan yang ada di daerah tersebut tembus 1.441.542 orang, rinciannya wisatawan nusantara sebanyak 1.441.490 orang dan wisatawan mancanegara 52 orang.  

Melihat data di bulan Oktober, terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan sekitar 3,23 persen dibanding bulan September, hal itu disebabkan low season musim liburan.

"Munculnya varian baru Covid XBB dan terjadinya peningkatan kasus Covid kembali di masyarakat sehingga menyebabkan berkurangnya pergerakan wisata. Namun di bulan ini terdapat event Kebut Pesagi sehingga kunjungan wisata di Gunung Pesagi meningkat,” kata dia seraya berharap kedepannya pengunjung destinasi wisata di Lampung Barat terus mengalami peningkatan. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: