Auto Jadi Sultan! Begini Cara Mudah Hasilkan Uang Dari Blog

Auto Jadi Sultan! Begini Cara Mudah Hasilkan Uang Dari Blog

--

Kegiatan blogging bukan hanya sekedar ‘corat-coret’ atau menyimpan tulisan dalam blog pribadi. Lebih dari itu, blogging bisa digunakan sebagai salah satu aktivitas yang bisa menghasilkan keuntungan lho. 

Lantas, dari mana sumber keuntungan tersebut, dan bagaimana cara agar blog yang kita kelola bisa menghasilkan uang? Yuk seduh kopinya. Kita akan mulai pembahasannya berikut ini.

Darimana Sumber Pendapatan Blogger?

Secara garis besar, blogging merupakan aktivitas menyimpan tulisan dalam website yang kita kelola. Upss jangan salah pilih beli hosting agar web  menjadi cepat, Beli di Hosting Indonesia,

Selain sebagai sarana menyalurkan hobi menulis, aktivitas ini bisa juga dijadikan sebagai cara untuk mendapat penghasilan tambahan.

Ada beberapa sumber pemasukan yang bisa kamu bidik dari aktivitas blogging ini, diantaranya:

      Pendapatan dari iklan. Selain dari Google AdSense, kamu bisa mendapat order iklan dari perusahaan atau bisnis tertentu.

      Paid to review. Kamu bisa me-reviews atau memberikan ulasan sebuah produk atau jasa yang ‘dititipkan’ oleh sponsor atau pihak pengiklan.

      Program affiliate. Merupakan program pemasaran dimana kamu akan mendapat komisi dari hasil penjualan produk yang dipromosikan.

      Recurring Income. Program ini dikenal juga dengan istilah continuity program atau membership program.

  Jasa atau layanan. Kamu bisa membuka layanan konsultasi, jasa design, dan jenis layanan freelance lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa mendapat keuntungan dari menjual produk tertentu, baik produk virtual seperti e-book, software dan lainnya, maupun produk fisik, seperti obat herbal, cemilan, atau produk fisik lainnya.

Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Agar bisa di monetize, sudah tentu blog yang kamu kelola harus punya beberapa kriteria. Selain desain yang menarik dan tulisan yang berkualitas, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan agar blog kita bisa menghasilkan uang.

      Persiapkan niche blog yang menurutmu dapat mengundang banyak pengunjung, seperti ulasan tempat liburan, tips kecantikan, dan lainnya.

      Buat konten yang sesuai dengan niche blog. Ingat, biar ‘dicintai’ Google, pastikan kamu membuat konten yang bermanfaat.

      Tingkatkan SEO blog, baik off-page maupun on-page. Untuk yang satu ini kamu harus mulai banyak baca tentang tutorial SEO.

  Datangkan pengunjung sebanyak mungkin, misalnya dengan promosi di sosial media, kanal YouTube, grup whatsapp dan lainnya.

Yang tidak kalah penting, gunakan platform blog yang mudah dikelola, dan SEO friendly, misalnya Wordpress, Joomla, dan lainnya.

Pilih Nama Domain Yang Tepat

Selain beberapa komponen di atas, sebenarnya masih banyak hal yang wajib kamu persiapkan saat akan membuat sebuah blog berkualitas tinggi. Contoh yang paling sederhana adalah menyiapkan nama domain sendiri.

Untuk memilih nama domain yang terbaik, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, diantaranya:

      Pilih nama yang menurutmu menarik, bahkan boleh memakai namamu sendiri. Resikonya, posisi SERP-nya susah naik caranya lihat ketersediaan domain di cek domain murah .

      Pilih nama domain yang mengandung keyword. Ini pilihan paling ideal, tapi kontennya terbatas sesuai dengan keyword tersebut.

      Pilih expired domain. Untuk pilihan ini, sebaiknya kamu hati-hati. Jika belum berpengalaman, sebaiknya serahkan kepada profesional.

  Beli domain premium. Untuk pilihan ini, resikonya budget yang harus kamu siapkan akan membengkak.

Setelah mendapatkan nama domain yang tepat, kamu bisa mulai membangun blog sendiri dengan mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari desain yang menarik, page load yang baik dan pastikan mobile friendly.

Jika kamu masih pemula, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan profesional, atau pilihan paling ekonomis, minta saran dan tutorialnya dari penyedia jasa hosting yang kamu sewa. Biasanya mereka mau bantu kok!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: